Terus Lahirnya Pembalap Merasakan Kemenangan Perdana di MotoGP 2020: Sejarah dan Belum Pernah Terjadi

oleh Hendry Wibowo diperbarui 15 Sep 2020, 20:30 WIB
Para pembalap MotoGP 2020: Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan Fabio Quartararo. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2020 memang musim yang tidak biasa akibat pandemi virus corona. Kini sejak Marc Marquez mengalami kecelakaan dan dibebat cedera pada seri pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol, jalannya persaingan ikut tak biasa.

Peta persaingan setiap serinya hampir selalu berubah. Pembalap yang meraih kemenangan pada sebuah balapan, bukan jaminan kompetitif untuk seri berikutnya.

Advertisement

Terbaru adalah kemenangan fantastis rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli pada MotoGP San Marino. Kini dengan sukses Morbidelli itu, maka sudah ada empat pembalap yang sukses memecahkan telur kemenangan di ajang MotoGP pada musim 2020.

Dari Fabio Quartararo di MotoGP Jerez. Kemudian Brad Binder pada MotoGP Republik Ceska. Lalu Miguel Oliveira di MotoGP Styria dan terbaru Morbidelli.

Mengutip dari situs MotoGP, jumlah empat pembalap meraih kemenangan perdana di kelas premier pada enam balapan pertama musim 2020 adalah sejarah dan belum pernah terjadi sejak 1949.

Tahun 1949 sendiri adalah musim perdana Kejuaraan Dunia Balap Motor. Hal ini merupakan bukti sahih peta persaingan MotoGP 2020 memang sulit diprediksi.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

12 Pembalap Berbeda Naik Podium

Pembalap MotoGP 2020 berpose bersama sebelum lomba MotoGP Jerez 2020. (JAVIER SORIANO / AFP)

Bukti lainnya yaitu keberhasilan Pecco Bagnaia untuk kali pertama merasakan podium kelas MotoGP setelah finis kedua pada balapan di Sirkuit Misano.

Kini artinya sudah ada 12 pembalap berbeda naik podium pada enam balapan pertama MotoGP 2020. Rangkaian dari fakta di atas membuat poin di klasemen pembalap juga semakin rapat.

Usai MotoGP San Marino, Andrea Dovizioso memimpin klasemen lewat torehan 76 poin atau unggul enam poin dari posisi kedua yang diisi Fabio Quartararo.

Jarak rapat antar pembalap di klasemen membuat siapapun yang membuat kesalahan, maka siap-siap posisinya melorot. Seperti Fabio Quartararo yang kehilangan posisi puncak klasemen pada MotoGP San Marino akibat gagal finis.

3 dari 3 halaman

Pembalap Peraih Kemenangan dan Podium di MotoGP 2020

Pembalap Peraih Kemenangan

2 kali - Fabio Quartararo

1 kali - Andrea Dovizioso, Brad Binder, Miguel Oliveira, Franco Morbidelli

Ket: Miring baru kali pertama merasakan kemenangan pada ajang MotoGP.

 

Pembalap Peraih Podium

2 kali - Andrea Dovizioso, Fabio Quartararo, Jack Miller, Joan Mir, Maverick Vinales, Franco Morbidelli

1 kali - Valentino Rossi, Brad Binder, Miguel Oliveira, Pecco Bagnaia, Johann Zarco, Pol Espargaro

Berita Terkait