Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Level Tim Nasional: Ronaldo dan Ali Daei di Puncak, Ditempel Pemain Malaysia

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 24 Jun 2021, 18:30 WIB
Cristiano Ronaldo menyamai rekor Ali Daei. Dengan dua golnya ke gawang Prancis, Cristiano Ronaldo menyamai perolehan 109 gol Ali Daei sebagai top skor di level timnas. Dengan usia yang menginjak 36 tahun, tidak ada tanda-tanda penurunan performa sang megabintang. (Foto: AP/Pool/Bernadett Szabo)

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo menyamai rekor mencetak gol dalam sepak bola internasional saat dua golnya pada hasil imbang Portugal di Euro 2020 dengan Prancis membuatnya menjadi 109 gol.

Ronaldo sudah menjadi salah satu dari hanya dua pria dengan seabad gol atas namanya dan sekarang duduk bersama pemain Iran Ali Daei di puncak daftar sepanjang masa.

Advertisement

50 gol pertama Ronaldo datang dalam 114 caps, dengan 59 gol dalam 64 sejak termasuk setengah abad keduanya pada gol dalam sebuah pertandingan. Total 178 pertandingannya untuk mencapai rekor totalnya dibandingkan dengan 149 untuk Daei.

Rec Sports Soccer Statistics Foundation (RSSSF) yang bereputasi baik mencantumkan mantan pemain internasional Malaysia Mohammed Mokhtar Dahari di tempat ketiga dengan 89 gol, diikuti oleh Ferenc Puskas dari Hungaria dengan 84 gol.

Godfrey Chitalu mengikuti dengan 79 gol untuk Zambia, satu lebih banyak dari Hussein Saeed Mohammed untuk Irak, dengan Pele berikutnya dengan 77 untuk Brasil dan Ali Mabhkout dengan 76 untuk Uni Emirat Arab karena oposisi masing-masing negara berbeda membuat daftar yang tidak biasa.

RSSSF mencantumkan Sandor Kocsis, rekan setim jangka panjang Ferenc Puskas di jajaran 'Magical Magyars' tahun 1950-an dengan 75 gol bersama Kunishige Kamamoto dari Jepang dan Bashar Abdullah dari Kuwait. Saingan jangka panjang Ronaldo, Lionel Messi, berada di urutan ke-13 dengan 73 gol dalam 145 penampilan bersama Argentina.

 

Video

2 dari 2 halaman

Daftar Top Scorer di Level Timnas

Ali Daei saat masih memperkuat timnas Iran (Peter Parks)
  • 109 - Ali Daei (Iran); Cristiano Ronaldo (Portugal)
  • 89 - Mohamed Mokhtar Dahari (Malaysia)
  • 84 - Ferenc Puskas (Hungaria/Spanyol)
  • 79 - Godfrey Chitalu (Zambia)
  • 78 - Hussein Saeed Mohammed (Irak)
  • 77 - Pele (Brasil)
  • 76 - Ali Mabhkout (Uni Emirat Arab)
  • 75 - Sandor Kocsis (Hungaria); Kunishige Kamamoto (Jepang); Bashar Abdullah (Kuwait)