5 Alasan Cristiano Ronaldo Berpeluang Besar Sabet Sepatu Emas Euro 2020

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 27 Jun 2021, 07:30 WIB
Cristiano Ronaldo menyamai rekor Ali Daei. Dengan dua golnya ke gawang Prancis, Cristiano Ronaldo menyamai perolehan 109 gol Ali Daei sebagai top skor di level timnas. Dengan usia yang menginjak 36 tahun, tidak ada tanda-tanda penurunan performa sang megabintang. (Foto: AP/Pool/Bernadett Szabo)

Bola.com, Sevilla - Euro 2020 tidak sekadar menjadi ajang pembuktian bagi tim terbaik di Eropa. Namun, kejuaraan tersebut juga menjadi tempat pembuktian para penyerang hebat.

Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Ciro Immobile, Romelu Lukaku, Karim Benzema, Raheem Sterling, Kai Havertz, dan yang lain bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik.

Advertisement

Namun, jika merujuk statistik selama fase grup Euro 2020, Cristiano Ronaldo dijagokan sebagai calon kuat penyerang tersubur. Mengingat Timnas Portugal akan tampil pada babak 16 besar.

Sedikitnya ada lima alasan yang membuat penyerang Juventus tersebut akan menjadi top scorer kejuaraan antar negara di Benua Biru. Berikut ulasannya yang disadur dari Bola.net.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Rajai Daftar Pencetak Gol Sementara

Cristiano Ronaldo. Striker Timnas Portugal ini telah mencetak 104 gol dari 175 caps untuk negaranya sebelum turnamen Euro 2020 berlangsung. Dirinya pun berpeluang memcahkan rekor striker Iran, Ali Daei sebagai pemegang rekor gol terbanyak Timnas dengan 109 gol. (Foto: AFP/John Thys)

Cristiano Ronaldo masih memimpin daftar top scorer sementara Euro 2020. Mantan penyerang Manchester United tersebut mengoleksi total lima gol dari tiga pertandingan di fase grup.

Sementara para pesaingnya terpaut dua gol. Itu pun hanya Emil Forsberg, Georginio Wijnaldum, Romelu Lukaku yang menjadi kompetitor terkuat Cristiano Ronaldo dengan tiga gol.

3 dari 6 halaman

Tidak Pernah Tidak Cetak Gol

Striker Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Hungaria dalam laga perdana Grup F Euro 2020, Selasa (15/6/2021). (Attila KISBENEDEK / POOL / AFP)

Cristiano Ronaldo tidak pernah absen mencetak gol sepanjang fase grup Euro 2020. Catatan lima golnya sejauh ini merupakan buah produktivitasnya dalam tiga pertandingan.

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol pada laga melawan Timnas Hungaria, satu gol kontra Timnas Jerman serta dua gol melawan Timnas Prancis. Itu pula yang membuat Timnas Portugal bisa lolos ke babak 16 besar.

4 dari 6 halaman

Catatan Oke di Fase Gugur

Cristiano Ronaldo. Nama besarnya tidak menjadi beban saat tampil di tiga laga fase grup. Terbukti, 5 gol dilesakkannya berkat motivasi yang kuat di tiap laga. Menghadapi Belgia, Cristiano Ronaldo berpeluang mengacak-acak pertahanan yang digalang Jan Vertonghen. (Foto: AP/Pool/Matthias Schrader)

Cristiano Ronaldo punya catatan yang cukup bagus ketika tampil di fase gugur Euro. Tiga dari 14 gol Cristiano Ronaldo di Euro dicetak pada babak knock-out.

Gol-gol tersebut tercipta pada semifinal Euro 2004, perempat final Euro 2012, dan semifinal Euro 2016.

5 dari 6 halaman

Pundi-pundi Gol Masih Bisa Bertambah

Laga pamungkas di Grup F Euro 2020 (Euro 2021) antara Portugal melawan Prancis (23/6/2021) tuntas dengan hasil imbang 2-2. Kedua tim melenggang bersama Jerman menuju babak 16 Besar. Tercatat ada 5 fakta menarik di balik hasil imbang tersebut. Apa saja? (Foto: AP/Pool/Bernadett Szabo)

Cristiano Ronaldo berpeluang menambah gol pada babak 16 besar Euro 2020. Sebab, Timnas Belgia yang menjadi lawan Timnas Portugal merupakan tim yang sering dibobol olehnya.

Cristiano Ronaldo tercatat sudah membobol gawang Setan Merah sebanyak tiga kali. Dua gol terjadi pada kualifikasi Euro 2008 dan satu gol pada laga uji coba pada 2016.

6 dari 6 halaman

Sering Cetak Rekor

Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka bagi timnya lewat tendangan pinalti ketika pertandingan Grup F Euro 2020 antara Portugal melawan Prancis yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria pada Rabu (23/06/2021). (AP/Pool/Franc Fife)

Cristiano Ronaldo merupakan pemain yang akrab dengan rekor. Pada Euro 2020, banyak rekor yang sudah dipatahkan oleh mantan penyerang Real Madrid tersebut.

Dia menjadi top scorer sepanjang masa Euro dengan 14 gol sejak 2004, melawati catatan penyerang Timnas Prancis, Michel Platini. Dia juga menyamai gol internasional pemain Timnas Iran, Ali Daei dengan 109 gol.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Mustopa Elabdy, published Sabtu 26/6/2021)