Lionel Messi Belum Pikirkan Pensiun dan Tak Terlalu Ambisius Raih Ballon d'Or

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 01 Nov 2021, 22:45 WIB
Mimpi buruk PSG datang pada menit ke-31. Lille berhasil mencetak gol terlebih dahulu lewat Jonathan David dan bertahan hingga turun minum. Selain itu, sang bintang Lionel Messi juga terpaksa diganti akibat masalah ototnya pada paruh waktu pertandingan. (AFP/Franck Fife)

Bola.com, Paris - Bintang Paris Saint-Germain sekaligus Timnas Argentina, Lionel Messi, mengaku tak mengetahui kelanjutan masa depannya. Messi juga tak bisa memberikan kepastian apakah akan gantung sepatu tahun depan atau terus bermain sepak bola.

Lionel Messi saat ini sudah berusia 34 tahun. Pemain yang dijuluki La Pulga itu saat ini lebih realistis dalam menerapkan target dalam kariernya.

Advertisement

Messi terlihat sudah tidak ambisius dengan prestasi-pretasi dalam sepak bola. Meskipun ada satu trofi yakni Piala Dunia yang sampai saat ini masih membuatnya penasaran.

"Saya tidak memikirkannya. Setelah apa yang terjadi, saya menjalani hidup hari demi hari, tahun demi tahun. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan di Piala Dunia atau setelah kejuaraan dunia itu," kata Lionel Messi kepada Sport.

Selain itu, Messi juga tak terlalu ambisius dengan perburuan gelar Ballon d'Or. Menurutnya, raihan enam trofi individu itu sudah cukup untuk kariernya di sepak bola.

"Saya tidak memikirkannya. Saya mendapatkan hadiah terbesar dengan Seleccion (Timnas Argentina). Setelah berjuang begitu lama, gol ini adalah yang terbaik. Trofi Ballon d'Or ketujuh akan menjadi bonus. Jika tidak datang, maka itu tak akan datang," tegas Messi.

Lionel Messi saat ini masih terikat kontrak sampai Juni 2023 di Paris Sanit-Germain. Messi tercatat baru bermain lima kali bersama PSG di berbagai ajang.

2 dari 3 halaman

Kembali ke Barcelona?

Lionel Messi. Legenda Barcelona ini akhirnya hengkang ke PSG awal musim 2021/2022 ini usai membela Barca sejak 2004/2005. Satu musim bersama Ronald Koeman pada 2020/2021, La Pulga tetap menjadi pilihan utama dan tampil dalam 47 laga di semua ajang dengan torehan 38 gol 14 assist. (AFP/Pau Barrena)

Lionel Messi ternyata masih memiliki urusan yang belum selesai di Barcelona. Messi berniat suatu saat nanti kembali ke Camp Nou dengan peran baru.

Messi berniat untuk menjadi Direktur Olahraga Barcelona. Peran baru itu ingin dilakukannya begitu memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada masanya nanti.

"Saya akan senang menjadi direktur olahraga di beberapa titik. Saya tidak tahu apakah itu akan terjadi di Barcelona atau tidak. Atau apakah itu akan menjadi sesuatu yang lain," kata Messi.

"Jika ada kesempatan, saya ingin kembali dan berkontribusi apa yang saya bisa karena ini adalah klub yang saya cintai dan saya ingin mereka terus bermain bagus, berkembang, dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia," ucap Messi.

3 dari 3 halaman

Belum Nyetel

PSG sukses melakukan comeback usai tertinggal dari juara bertahan Lille di laga pekan ke-12 Liga Prancis 2021/2022. Sempat tertinggal 0-1 dan kehilangan penyerang andalan mereka, Lionel Messi, Les Parisiens menutup pertandingan dengan skor 2-1. (AFP/Bertrand Guay)

Lionel Messi belum menemui kesuksesan pada kariernya di Paris Saint-Germain. Messi terlihat seperti kesulitan beradaptasi dengan klub asal Prancis itu.

Lini depan PSG terlihat kurang menyatu dengan kehadiran Messi. Situasi itulah yang membuatnya belum mampu memberikan kontribusi maksimal seperti yang pernah dilakukannya di Barcelona.

Messi belum mencetak gol di Ligue 1. Torehan golnya hanya mampu dipersembahkan di Liga Champions.

Berita Terkait