Foto: Bikin Ciut Nyali Lawan, 5 Stadion dengan Atmosfer Terbaik di Eropa

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 27 Jan 2022, 11:37 WIB
Rumah bagi raksasa klub Turki, Galatasaray, Ali Sami Yen Sports Complex NEF Stadium menjadi salah satu stadion yang paling menarik di Eropa. Mampu menampung 52.223 penonton, stadion ini pernah memecahkan rekor dunia sebagai stadion terkeras dengan kenyaringan puncak 131,76 desibel. (AFP/Yasin Akgul)
Celtic Park menjadi saksi sejarah di Liga Champions 2012/13 saat Celtic mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1. Mampu menampung 60.832 orang, stadion ini selalu menjadi mimpi buruk bagi tamu-tamunyanya lewat jamuan cemooh dan intimidasi. (AFP/Andy Buchanan)
Meskipun Napoli baru memenangkan dua gelar Liga Italia, para pendukung mereka tak pernah surut untuk memeberikan semangat dari tribun-tribun Stadion Diego Armando Maradona. Dihuni oleh 54.726 kursi, stadion ini menyuguhkan keriuhan, tifosi yang megah, dan nyala suarnya. (AFP/Carlo Hermann)
Anfiled merupakan stadion paling penuh perasaan di Inggris. Tidak seperti kebanyakan stadion yang fokus untuk mempermalukan lawan, Anfield hanya menawarkan cinta dan dukungan yang tak tergoyahkan kepada Liverpool, seperti semboyannya yang terkenal, "You'll Never Walk Alone". (AFP/Oli Scarff)
Stadion paling ajaib, ekspresif, dan benar-benar mengintimidasi di Eropa adalah Signal Iduna Park, rumah bagi Borussia Dortmund. Tak hanya memiliki kapasitas besar, stadion ini juga menyajikan atraksi dari tribun selatannya yang terkenal dengan nama "The Yellow Wall". (AFP/Ina Fassbender)