5 Pemain Naturalisasi dengan Jumlah Penampilan Paling Banyak di Timnas Indonesia: Serdadu Tua!

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 17 Feb 2022, 07:30 WIB
Timnas Indonesia - Cristian Gonzales, Beto Goncalves, Victor Igbonefo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Program naturalisasi kembali digaungkan PSSI dalam beberapa bulan terakhir. Alasannya karena merupakan permintaan secara langsung dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Beberapa nama disodorkan Shin Tae-yong untuk bisa dinaturalisasi demi kebutuhan Timnas Indonesia. Namun, sampai saat ini baru dua nama yang prosesnya sudah berjalan.

Advertisement

Mereka adalah Shandy Walsh dan Jordi Amat. Keduanya merupakan pemain yang punya garis keturunan Indonesia sehingga menjadi prioritas oleh Shin Tae-yong.

Program naturalisasi di Indonesia memang sudah berjalan sejak lama. Sejauh ini ada 35 pemain yang sudah berganti kewarganegaraan menjadi Indonesia.

Namun, hanya sedikit pemain yang mampu memberikan sumbangsih nyata di Timnas Indonesia. Kemenpora dan PSSI tak ingin masalah seperti itu terulang sehingga lebih selektif lagi dalam menaturalisasi pemain.

Bola.com mencatat ada lima pemain naturalisasi yang nyatanya punya sumbangsih besar di Timnas Indonesia. Tolok ukurnya adalah jumlah penampilan bersama skuad Merah Putih. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Victor Igbonefo (14 penampilan)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, puas dengan perkembangan yang ditunjukkan Victor Igbonefo dkk jelang laga perdana Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja, Kamis (9/12/2021).
3 dari 6 halaman

Beto Goncalves (16 penampilan dan 14 gol)

Striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
4 dari 6 halaman

Raphael Maitimo (21 penampilan dan 4 gol)

Duel Pemain Timnas Indonesia, Raphael Maitimo dengan pemain Laos dalam laga Piala AFF Suzuki 2012, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Kamis, 25/11/2012. Pertandingan Berakhir seri 2-2.
5 dari 6 halaman

Cristian Gonzales (29 penampilan dan 12 gol)

Cristian Gonzales merupakan salah satu pemain naturalisasi tersukses Timnas Indonesia. Ia mendapatkan status WNI pada November 2010. El Loco sukses mengantarkan Timnas Indonesia hingga partai final Piala AFF 2010. Sayangnya, Skuat Merah Putih harus tunduk 2-4 dari Malaysia. (AFP/Romeo Gacad)
6 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly (29 penampilan dan 7 gol)

Stefano Lilipaly sempat menjadi obrolan kala dirinya promosi ke tim utama FC Utrecht. Ia resmi menjadi WNI pada 2011 usai publik mendesak PSSI untuk menaturalisasi pria berdarah Indonesia-Belanda itu. Lilipaly berjasa membawa Timnas Indonesia hingga partai final AFF 2016. (Bola.com/Yoppy Renato)

Berita Terkait