Liga Champions: Alexis Sanchez Dikartu Merah, Wenger Tuduh Fabinho Nge-cheat Saat Liverpool Hadapi Inter Milan

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 09 Mar 2022, 20:00 WIB
Alexis Sanchez mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Fabinho pada duel leg kedua 16 besar Liga Champions 2021/2022 di Anfield, Rabu (9/3/2022). (AP/Jon Super)

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, menuduh Fabinho bertindak curang sehingga menyebabkan Alexis Sanchez dikartu merah saat Liverpool menjamu Inter Milan dalam leg kedua Liga Champions 2021/2022, Rabu (9/3/2022) dini hari tadi.

Inter Milan memang memenangi pertandingan dengan skor 1-0. Akan tetapi, kegagalan lolos perempat final Liga Champions tak terhindarkan karena pada leg pertama Liverpool menang 2-0.

Advertisement

Alexis Sanchez menerima kartu kuning kedua pada laga tersebut. Gelandang serang Inter Milan itu dianggap melakukan tekel berbahaya kepada Fabinho.

Kontroversi menyeruak lantaran kartu merah Alexis dinilai tak pantas diberikan. Muncul anggapan bahwa selain bola lebih dulu didapat pemain Chile tersebut, Fabinho sengaja mengarahkan kakinya sehingga terlihat seperti pelanggaran.

Anggapan itu dilontarkan oleh Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal yang agaknya membela Alexis Sanchez. Tanpa ragu, ia menuduh Fabinho melakukan kecurangan. Apa katanya?

 

2 dari 3 halaman

Cheating

Liverpool menjadi tim yang dipayungi keberuntungan atas keputusan wasit di musim 2021/2022 ini di berbagai ajang kompetisi. Delapan kartu merah telah dikeluarkan para pengadil di lapangan hijau untuk para lawan Liverpool. Berikut delapan kartu merah tersebut. (AP/Jon Super)

"Yang Fabinho lakukan adalah cheating (bertindak curang) atau ya dia pintar. Fabinho yang melakukan pelanggaran, dia curang," kata Wenger dinukil dari beIN Sports.

"Mungkin dia merasa kesakitan karena ada kontak dengan Sanchez. Anda tidak bisa bilang itu sepenuhnya pura-pura. Tapi yang jelas dia bisa bangkit lebih cepat."

"Kalau Fabinho anak asuh Anda, Anda pasti bilang dia pintar. Tapi cobalah Anda netral, pastilah Anda merasa kalau Fabinho bisa mencegah tekel itu menimpanya."

"Sanchez tidak berniat melukainya, dia lebih dulu menyentuh bola."

 

3 dari 3 halaman

Rio Ferdinand Sependapat

Felipe. Bek tengah Atletico Madrid ini mendapat kartu merah langsung akibat mengabaikan panggilan wasit untuk menghadap usai melanggar Sadio Mane di menit ke-36 saat dijamu Liverpool di matchday ke-5 Grup B Liga Champions 2021/2022, 3 November 2021. Skor akhir Atletico kalah 0-2. (AFP/Oli Scarff)

Pada kesempatan berbeda, mantan bek Manchester United (MU), Rio Ferdinand, memiliki pendapat yang senada. Menurutnya, Sanchez memenangi duel dan kartu merah yang diterimanya seharusnya tidak kartu kuning.

"Saya pikir dia memenangkan bola. Anda mengatakan kepada saya bahwa dia tidak boleh pergi untuk memenangkan bola itu?" tanya Ferdinand.

"Menurut saya tetap saja berlebihan memberikan kartu kuning. Ini pelanggaran memang, tapi menurut saya memberikan kartu kuning itu terlalu berlebihan."

Thierry Henry menggemakan sentimen itu, mengatakan kepada CBS Sports, "Saya ingin berbicara tentang kuning kedua Sanchez. Jika Anda pernah bermain sepak bola, Anda tahu itu tidak pernah kuning,"

Sumber: BT Sports, BeIN Sports, CBS Sports

Berita Terkait