BRI Liga 1: Si Nyentrik Jamul Akhirnya Milik Bali United, Pakai Nomor Punggung 73

oleh Alit Binawan diperbarui 09 Mei 2022, 15:15 WIB
Pemaimn Bhayangkara FC, Jajang Mulyana. (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

Bola.com, Denpasar - Satu hari jelang latihan perdana, Bali United kembali mengumumkan pemain anyar. Dia adalah Jajang Mulyana. Eks bek tengah Bhayangkara FC tersebut resmi menjadi milik Bali United setelah resmi diumumkan pada Senin siang (9/5/2022).

Pemain kelahiran Sumedang, Jawa Barat pada 23 Oktober 1988 tersebut mengawali karier bersama Persib Muda pada tahun 2004 sebelum akhirnya bergabung dengan Pelita Jaya sebagai tim senior pertama pada tahun 2007.

Advertisement

Beberapa tim lokal pernah disinggahi oleh Jajang Mulyana dalam perjalanan kariernya di lapangan hijau seperti Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Pusamania Borneo FC dan terakhir adalah tim sekelas Bhayangkara FC. Bersama Bhayangkara FC, Jajang juga mempersembahkan trofi juara Liga 1 2017 untuk The Guardian.

CEO Bali United, Yabes Tanuri dalam keterangan resminya mengaku jika kehadiran Jamul atas permintaan dari pelatih Stefano Cugurra Teco.

“Jajang Mulyana resmi kami rekrut sebagai pemain dari Bali United untuk musim yang baru. Jajang dipilih untuk memperkuat barisan pertahanan Serdadu Tridatu, sesuai kebutuhan dari tim pelatih. Semoga Jajang bisa segera beradaptasi dengan baik dan mampu memberikan kontribusi bagi Bali United di AFC Cup, Liga 1 dan berbagai kompetisi mendatang,” jelas Yabes.

2 dari 3 halaman

Sesuai Kebutuhan

Jajang Mulyana mencetak gol bagi Bhayangkara FC pada penyisihan Grup E Piala Presiden 2018 (20/1/2018). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Jamul memang cukup dibutuhkan di lini belakang Serdadu Tridatu. Apalagi Bali United akan mengarungi dua kompetisi yaitu Piala AFC 2022 dan BRI Liga 1.

Sejauh ini, Bali United sudah memiliki Leonard Tupamahu, Gunawan Dwi Cahyo, Haudi Abdillah, I Komang Tri Artha Wiguna, dan Willian Pacheco.

Memiliki pengalaman sebagai striker menjadi nilai lebih seorang Jamul ketika kini menjadi seorang bek tengah. Kelebihannya adalah mampu membaca pergerakan lini depan dari tim lawan ketika bertugas sebagai benteng pertahanan tim.

3 dari 3 halaman

73

Liga 1 - Ilustrasi Logo Bali United BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bersama Bali United, dia akan mengenakan nomor punggung 73. Kebalikan nomor punggung yang dia pakai saat masih berseragam Bhayangkara FC.

Sebelum menjadi seorang bek tengah, Jamul bermain sebagai penyerang saat masih berseragam Pelita Jaya dan Sriwijaya FC. Dia juga pernah dipinjamkan ke klub asal Brasil, Boavista SC awal tahun 2008 silam sebagai seorang striker. Bahkan saat membela Timnas Indonesia U-21 tahun 2006 dan U-23 tahun 2011, dia juga menjadi seorang penyerang.