Vietnam Diklaim Lebih Tangguh Ketimbang Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 15 Mei 2022, 16:31 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga timnya saat laga lanjutan Grup A SEA Games 2021 antara Timnas Filipina melawan Timnas Indonesia di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/05/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Viet Tri - Pelatih Myanmar, Velizar Popov, menjagokan Vietnam sebagai peraih medali emas SEA Games 2021. Menurut Velizar Popov, Vietnam lebih tangguh ketimbang Timnas Indonesia U-23 yang juga pesaing lainnya.

Vietnam menjadi tim yang belum terkalahkan di Grup A SEA Games 2021. Pasukan Park Hang-seo itu meraih dua kemenangan dan sekali imbang dari tiga laga yang sudah dimainkan.

Advertisement

"Untuk menilai tim terkuat di SEA Games, saya akan memilih Vietnam. Mereka bisa mengalahkan lawan manapun," kata Veliza Popov seperti dikutip Bongda24.

"Saya tidak terkesan dengan individu manapun. Akan tetapi, terkesan dengan permainan kolektif dari Vietnam," ucap Velizar Popov.

Pada laga pamungkas Grup A SEA Games 2021, Myanmar akan menghadapi Timnas Indonesia U-23. Adapun Vietnam bakal melawan Timor Leste yang sudah tak punya kepentingan lagi.

2 dari 5 halaman

Puji Kualitas

Pemain Timnas Indonesia U-23 melakukan selebrasi usai Egy Maulana Vikri (kiri kedua) mencetak gol ketiga timnya saat laga lanjutan Grup A SEA Games 2021 antara Timnas Filipina melawan Timnas Indonesia di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/05/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan pujian jelang duel melawan Myanmar pada Minggu (15/5/2022). Pelatih Myanmar, Velizar Popov, menyebut skuad asuhan Shin Tae-yong itu tampil gemilang di SEA Games 2021.

Pelatih Velizar Popov menyebut, Timnas U-23 memiliki kualitas pemain yang tangguh dan bagus. Meski demikian, Myanmar sama sekali tak gentar menghadapi Egy Maulana Vikri dkk.

"Timnas Indonesia U-23 adalah tim yang kuat dan memiliki banyak pemain bagus. Kami harus melakukan yang terbaik untuk meraih kemenangan agar bisa berpartisipasi di semifinal," kata Velizar Popov.

3 dari 5 halaman

Tak Gentar

Timnas Indonesia U-23 mencatat kemenangan 4-1 atas Timor Leste dalam laga kedua Grup A cabor sepak bola SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) malam WIB di Stadion Viet Tri, Vietnam. Garuda Muda berhasil move on dari kekalahan di laga pertama atas tuan rumah. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Velizar Popov menegaskan, Myanmar sama sekali tak takut dengan Timnas Indonesia U-23. Menurutnya, fokus Myanmar adalah untuk meraih kemenangan dan mengamankan tiket semifinal.

"Saya tidak takut atau khawatir dengan lawan siapapun. Saya tidak terlalu peduli dengan tim lain," tegas pelatih asal Bulgaria itu.

Myanmar membutuhkan kemenangan atas Timnas U-23 untuk bisa melaju ke semifinal SEA Games 2021. Menelan kekalahan atau hasil imbang akan membuat Myanmar tersingkir.

4 dari 5 halaman

Ogah Cari Seri

Sayang, reaksi STY seolah tak dianggap. Sementara itu, wasit cadangan berusaha menenangkan STY, dan meminta eks pelatih Timnas Korsel tersebut masuk ke area garis cadangan Timnas Indonesia. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Secara matematis, Timnas Indonesia U-23 sebenarnya cukup meriah hasil imbang melawan Myanmar pada laga terakhir SEA Games 2021. Raihan satu poin sudah cukup mengantarkan skuad Garuda Muda ke semifinal.

Namun, pelatih Shin Tae-yong tak menginginkan raihan hasil imbang. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta anak asuhnya untuk melakukan segalanya untuk memenangi pertandingan.

"Kami tidak boleh berpikir untuk bermain imbang. Jadi, saya akan tetap menegaskan kepada pemain supaya mereka lebih kuat dan lebih hati-hati," tegas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait