Malam Ini Timnas Indonesia Bertolak ke Kuwait untuk Kualifikasi Piala Asia 2023

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 03 Jun 2022, 17:00 WIB
Timnas Indonesia U-23 mencatat kemenangan ketiganya di laga terakhir Grup A cabor sepak bola SEA Games 2021, Minggu (15/5/2022) sore WIB. Egy Maulana Vikri dkk membungkam Myanmar dengan skor 3-1 dan memastikan Tim Garuda Muda lolos ke babak semifinal. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan bertolak ke Kuwait pada Jumat (3/6/2022) sore WIB. Anak asuh Shin Tae-yong bakal beerlaga pada Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sudah terlebih dulu terbang ke Jakarta dari Bandung usai melakoni partai uji coba kontra Bangladesh beberapa hari lalu. Kini, dengan segala persiapan yang ada, Merah Putih siap melangkah ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

Advertisement

"Timnas Indonesia flight dari Jakarta pukul 17.55 WIB," terang Bandung Saputra, Media Officer PSSI kepada Bola.com.

Timnas Indonesia bergabung dengan lawan-lawan yang cukup berat pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka adalah Nepal, Kuwait, dan Yordania.

 

2 dari 5 halaman

Tanpa Egy Maulana Vikri

Pemain Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri saat pertandingan melawan Timor Leste dalam laga kedua fase Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Timnas Indonesia hanya membawa 23 pemain untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan dimulai 8 Juni di Kuwait. Artinya, ada enam pemain yang terdepak dari pemusatan latihan yang digelar sejak 26 Mei lalu.

Menariknya dua pemain yang ikut tercoret berstatus pemain reguler masuk Timnas Indonesia, Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri. Dua nama ini sebenarnya punya peran sentral di Timnas Indonesia.

Mantan pelatih Arema FC dan Persik Kediri, Joko ‘Getuk’ Susilo melihat jika Evan dan Egy sebenarnya punya kemampuan yang dibutuhkan Timnas Indonesia. Namun dia yakin, Shin Tae-yong punya alternatif strategi yang akan digunakan nantinya.

"Evan dan Egy punya kelebihan yang tidak dimiliki penggantinya. Itu yang menjadi masalah. Evan punya through pass dan long pass yang bagus. Penyuplai bola juga untuk lini depan. Kalau Egy, skill dan dia pemain pintar,” katanya.

 

3 dari 5 halaman

Andalkan Marc Klok

Laga kontra Bangladesh merupakan debut bagi Marc Klok di Timnas Indonesia senior asuhan Shin Tae-yong. Gelandang bertahan 29 tahun itu terpilih menjadi starter dan tampil sepanjang 90 menit di pertandingan tersebut. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Meski penampilan Marc Klok belum begitu terlihat, ia tetap menjadi pemain yang penting di lini tengah. Setiap serangan yang dibangun Skuad Garuda wajib melewati kakinya sebelum diolah pemain yang berada di lini serang.

Untuk menyempurnakan skema tiga gelandang, dibutuhkan seorang pemain nomor 10 yang handal. Tak hanya memberikan umpan terakhir kepada para penyerang, ia juga diharapkan mampu memecah kebuntuan lewat aksinya.

Ricky Kambuaya jadi satu nama yang pantas memainkan peran sebagai penyerang lubang. Pemain anyar Persib Bandung itu memenuhi semua syarat untuk bermain bersama dua koleganya tersebut.

Namun, STY juga harus melihat kondisi terakhirnya setelah SEA Games 2021. Penampilannya terbilang menurun bila dibandingkan dengan Piala AFF 2020 lalu.

 

4 dari 5 halaman

Pembagian Grup Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang 0-0 menghadapai Bangladesh dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. Marc Klok dan kawan-kawan gagal menembus benteng pertahanan yang dibangun para pemain Bangladesh sepanjang pertandingan. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Grup A: Yordania, Kuwait, Timnas Indonesia, Nepal

Grup B: Palestina, Filipina, Yaman, Mongolia

Grup C: Uzbekistan, Thailand, Maladewa, Sri Lanka

Grup D: India, Hong Kong, Afghanistan, Kamboja

Grup E: Bahrain, Turkmenistan, Malaysia, Bangladesh

Grup F: Kirgistan, Tajikistan, Myanmar, Singapura

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia - Marc Klok Diapit Evan Dimas dan Ricky Kambuaya (Bola.com/Adreanus Titus)
  • 8 Juni 2022 - Kuwait Vs Timnas Indonesia
  • 11 Juni 2022 - Timnas Indonesia Vs Yordania
  • 14 Juni 2022 - Timnas Indonesia Vs Nepal

Berita Terkait