Update Timnas Indonesia! Keputusan Keluar atau Tidak dari AFF Akan Diputuskan PSSI dalam Sepekan

oleh Hery Kurniawan diperbarui 01 Agu 2022, 13:15 WIB
Marc Klok saat memperkuat Timnas Indonesia senior. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Piala AFF U-19 2022 sudah berlangsung pada bulan lalu. Namun, ada isu menarik yang sampai saat ini terus berlangsung.

Yakni soal rencana PSSI dalam hal ini Timnas Indonesia untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). PSSI berencana pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Advertisement

Hal itu sebagai buntut dari pertandingan tidak fair play yang dilakukan Vietnam dan Thailand pada Piala AFF U-19 2022 lalu. Saat itu, keduanya terlihat sengaja mengincar hasil imbang untuk menyingkirkan Timnas Indonesia.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan komplain yang dilakukan PSSI kepada AFF yang ditembuskan ke AFC sudah mendapatkan jawaban. Sayangnya, jawaban itu kurang memuaskan.

 

2 dari 5 halaman

Komentar Iwan Bule

"Hasil komplain sudah dijawab. Menurut Komdis AFF dan AFC, itu tidak ada yang disalahkan dalam pertandingan Vietnam dengan Thailand," ujar Iwan Bule.

"Ya sudah kalau main kaya gitu, suatu saat kita main kaya gitu juga. Tapi saya yakin, saya tidak ingin Timnas Indonesia main seperti itu. Menurut saya itu cukup memalukan ya. Tapi tidak untuk ketua umum negara sana yang enggak malu. Saya tidak mengerti," lanjutnya.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Perlu Kajian

Sosok yang diisukan bakal maju menjadi ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, hadir langsung menyaksikan Timnas Indonesia melakoni uji coba internasional kontra Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). (Istimewa)

Iwan Bule kemudian mengungkapkan kabar terkini mengenai rencana untuk keluar dari AFF kemudian bergabung dengan EAFF. Iwan Bule merasa hal itu tak bisa diputuskan dengan mudah.

Harus melalui kajian yang benar, untuk menimbang dampak baik dan buruk keluar dari AFF. Iwan Bule menyatakan akan membahas hal itu dengan para anggota Komite Eksekutif PSSI.

"Saya tetap menghormati keputusan itu, berkaitan dengan keluar dari AFF kita akan diskusikan," ujarnya.

"Harus memerlukan kajian seperti apa untung ruginya dan sebagainya ada plus minusnya," sambungnya.

 

.

4 dari 5 halaman

Diputuskan dalam Sepekan

Ketika ditanya kapan keputusan penting itu akan diambil, Iwan Bule memberikan indikasi dalam periode satu pekan ke depan.

Keputusan untuk pindah dari satu federasi ke federasi lain memang harus diputuskan dengan matang. Sebab, itu tidak hanya berkaitan dengan Timnas Indonesia saja.

Tapi juga berkaitan dengan klub-klub yang akan berkompetisi di level Asia. Klub Indonesia tentu harus bertanding melawan klub dari Asia Timur di ajang Asia jika PSSI jadi pindah ke EAFF.

"Kita putuskan nanti dengan Exco sehingga nanti memutuskannya setelah mengkaji semuanya, paling tidak minggu depan lah," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan BRI Liga 1

Berita Terkait