Prediksi RANS Nusantara FC Vs Persija di BRI Liga 1: Adu Kuat di Derbi Raffi Ahmad

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 20 Agu 2022, 06:45 WIB
Liga 1 - RANS Nusantara Vs Persija Jakarta (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bogor - Bersama Rudi Salim, Raffi Ahmad adalah bos dari RANS Nusantara FC. Keduanya menjabat sebagai chairman di tim berjuluk The Phoenix tersebut.

Dalam pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023, RANS Nusantara FC akan menjamu Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (20/8/2022).

Advertisement

RANS Nusantara FC dapat dibilang sebagai saudara muda tim ibu kota. Apa sebab? Raffi Ahmad adalah bagian dari pemilik Persija Jakarta.

Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus, pada November 2021 membenarkan bahwa Raffi Ahmad memiliki saham di tim berjuluk Macan Kemayoran itu.

"Betul Raffi Ahmad punya saham di Persija. Persentasenya? Itu rahasia. Dari pandangan kami, Persija ini selalu terbuka kepada siapa pun, bukan hanya Raffi Ahmad, namun juga ke Raffi-Raffi lainnya yang mau menjadi bagian dari tim ini," imbuh Ferry Paulus.

"Masuknya Raffi Ahmad sangat positif. Tentunya jelas, kalau korporasi itu yang akan dilihat kan aset. Jika bicara aset, pasti bicara valuasi. Kalau bicara valuasi, dilihat dari siapa-siapa saja yang ada di dalam korporasi, siapa pendukungnya, dan siapa di belakang itu semua."

"Dengan adanya orang-orang yang ahli, dan Raffi Ahmad juga termasuk artis fenomenal, kondisi ini pasti akan mendongkrak valuasi Persija Jakarta," jelas Ferry Paulus.

 
2 dari 6 halaman

Tetap Bersaing

Pemain Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu (kanan) terjatuh saat berebut bola dengan pemain Rans Nusantara FC, Makan Konate pada laga persahabatan antara Persija Jakarta menghadapi Rans Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (16/7/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan merespons kedekatan erat antara The Phoenix dengan Macan Kemayoran. Meski punya hubungan yang sedarah, Makan Konate dkk. akan tetap bersaing dengan Persija.

"Apa pun saya tidak pernah tahu kondisi itu karena biasa terjadi. Kakak dengan adik ketika berbeda kaus tim saja bisa berselisih. Jadi, inilah kompetisi," tutur Rahmad Darmawan.

"Inilah persaingan. Ketika kita beda jersey, di situ ada kompetisi. Tapi, tetap kita tidak akan melanggar permainan. Jadi tidak ada hal yang sama sekali membuat kita ragu. Kalau sahabat, iya. Semua sahabat kami."

"Semua klub itu berteman dengan kami, termasuk semua pelatih. Namun, ketika 90 menit, itulah kami akan bersaing di sana," imbuh pelatih yang pernah tiga kali memoles Persija Jakarta itu.

3 dari 6 halaman

Thomas Doll Gelorakan Mentalitas Pemenang

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat melawan Rans Nusantara FC pada laga persahabatan antara Persija Jakarta menghadapi Rans Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (16/7/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll menggelorakan mentalitas pemenang. Arsitek asal Jerman itu menuntut perubahan dari Syahrian Abimanyu dkk.

Persija masih inkonsisten di BRI Liga 1. Tim berjulukan Macan Kemayoran kerap dominan di babak pertama, namun loyo di paruh kedua.

"Buat kami, partai nanti sangat penting. Pada partai sebelumnya, kami terlalu banyak kehilangan bola," tutur Thomas Doll.

"Kami juga harus lebih konsentrasi karena gol yang didapatkan tim lawan sebelumnya terjadi di pengujung babak pertama," jelas arsitek asal Jerman itu.

4 dari 6 halaman

Menang Harga Mati

Saat ini, Persija masih berada di peringkat ke-11 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan lima poin. Macan Kemayoran baru sekali meraih kemenangan, dua kali seri, dan sekali kalah.

"Namun, pekan ini kami sudah berlatih dengan baik. Untungnya, tidak ada pemain yang sakit dan cedera. Kami harus menunjukkan mental pemenang," ujar Thomas Doll.

"Saya rasa, tim akan bermain bagus ketika melawan RANS Nusantara FC dan target saya tentu ingin memenangkan pertandingan," kata pelatih asal Jerman itu.

5 dari 6 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • RANS Nusantara FC (4-3-3): Wawan Hendrawan; Ady Setiawan, Hamdan Zamzani, O.K. John, Edo Febriansyah; Fadilla Akbar, Mitsuru Maruoka, Makan Konate; Alfin Tuasalmony, Wander Luiz, David Laly
  • Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)
  • Persija Jakarta (3-4-2-1): Andritany Ardhiyasa; Ondrej Kudela, Muhammad Ferarri, Hansamu Yama; Frengky Missa, Resky Fandi, Hanif Sjahbandi, Firza Andika; Riko Simanjuntak, Hanno Behrens; Michael Krmencik
  • Pelatih: Thomas Doll (Jerman)
6 dari 6 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1

Berita Terkait