Top Scorer Sementara Liga Champions 2022 / 2023

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 07 Nov 2022, 19:00 WIB
Liga Champions - Ilustrasi Logo UEFA Champions League Musim 2022-2023 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Liga Champions 2022/2023 akan memasuki fase gugur alias 16 besar. Di daftar top scorer, Mohamed Salah masih berada di puncak, ditemani Kylian Mbappe.

Sebanyak 16 tim yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Hasil drawing Liga Champions 2022/2023 juga sudah mempertemukan tim-tim yang akan bertanding.

Advertisement

Para penyerang tajam calon peraih gelar top scorer pada akhir musim nanti pun mulai terlihat. Hingga laga terakhir fase grup, Mohamed Salah dan Kylian Mbappe duduk di posisi puncak dengan tujuh gol.

Salah sempat memimpin sendirian. Sebab, Liverpool bermain sehari lebih cepat ketimbang Paris Saint-Germain.

Namun, Mbappe segera menyusul. Eks pemain AS Monaco itu mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 PSG di markas Juventus pada laga pemungkas babak grup Liga Champions, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB.

 

2 dari 5 halaman

Erling Haaland Mengintai

Erling Haaland bisa dibilang menjadi salah satu penandatangan penyerang baru tersukses pada bursa transfer musim panas 2022. Ia direkrut Manchester City dari Borussia Dortmund dengan harga 60 juta euro. Harga tersebut sukses dibalas Haaland dengan performa cemerlangnya. Pria 22 tahun itu mampu melesatkan 17 gol dan 3 assist dalam 11 penampilannya di Liga Inggris. Sementara itu, Haaland telah menorehkan 5 gol dalam 4 laga di Liga Champions. (AFP/Oli Scarff)

Mohamed Salah dan Mbappe mesti waspada. Sebab Erling Haaland selalu mengintai.

Sejauh ini, penyerang asal Norwegia itu sudah mencetak enam gol di Liga Champions bersama Man City. Haaland memang tak butuh waktu lama untuk beradaptasi di 'habitatnya'.

Cedera yang didapat pada matchday 6 Liga Champions 2022/2023 membuatnya urung menambah pundi-pundi golnya.

 

3 dari 5 halaman

Asia Bangga

Mehdi Taremi. Tampil dalam 5 laga FC Porto di fase Grup B Liga Champions 2022/2023, striker asal Iran berusia 30 tahun ini sementara juga menempati posisi ketiga dalam daftar top skor dengan torehan 5 gol. Kelima golnya dicetak dalam tiga laga terakhir di fase grup. Ia hanya absen membela FC Porto pada matchday kedua kontra tamunya Club Brugge (13/9/2022) akibat hukuman kartu merah tak langsung yang diterimanya di matchday pertama kontra tuan rumah Atletico Madrid (7/9/2022). (AFP/Miguel Riopa)

Di tengah gempuran penyerang Eropa, Amerika Selatan, dan Afrika, terselip satu nama Asia di jajaran top scorer Liga Champions 2022/2023. Pemain yang dimaksud adalah Mehdi Taremi.

Taremi menjadi satu-satunya pemain Asia yang ada di posisi tiga besar. Penyerang asal Iran itu sudah mencetak enam gol untuk FC Porto di Liga Champions musim ini.

Porto dipastikan melaju ke babak 16 besar. Peluang Taremi untuk terus menambah catatan golnya pun semakin tinggi.

 

4 dari 5 halaman

Peluang Pemain Lain

El Real unggul terlebih dahulu melalui gol cepat Vinicius Junior, namun Real Betis memberikan respon cepat dengan gol dari Sergio Canales. Di babak kedua, Rodrygo berhasil mencetak gol kedua El Real dan mengunci kemenangan Los Blancos. (AP/Pablo Garcia)

Salah dan Mbappe boleh saja sangat tajam di babak grup dengan tujuh gol. Namun, ada beberapa pemain yang potensial menyusul torehan gol mereka pada babak gugur nanti.

Lionel Messi misalnya, ia sudah sangat berpengalaman melakukan itu. Terutama ketika Messi masih memperkuat Barcelona. Messi pun saat ini sudah mengemas empat gol di Liga Champions 2022/2023.

Leroy Sane dari Bayern Munchen pun memiliki peluang serupa. Sane pun sama seperti Messi, sudah mencetak empat gol.

Jangan lupakan salah satu pahlawan Real Madrid di Liga Champions musim lalu. Vinicius Junior juga sudah mencetak empat gol pada musim ini.

5 dari 5 halaman

Top Scorer Fase Grup Liga Champions 2022/2023

  • 1. Mohamed Salah (Liverpool), Kylian Mbappe (PSG): 7 gol
  • 2. Erling Haaland (Manchester City), Mehdi Taremi (Porto), Robert Lewandowski (Barcelona): 6 gol
  • 3. Giacomo Raspadori (Napoli), Giovanni Simeone (Napoli), Leroy Sane (Bayern Munchen), Lionel Messi (PSG), Olivier Giroud (AC Milan), Vinicius Junior (Real Madrid), Jude Bellingham (Dortmund), Mohammed Kudus (Ajax), Rafa Silva (Benfica), Joao Mario (Benfica)