Gelandang Persikabo 1973 Jagokan Belgia Jadi Kuda Hitam di Piala Dunia 2022

oleh Nandang Permana diperbarui 17 Nov 2022, 15:49 WIB
Ilustrasi Timnas Belgia. (AFP/John Thys)

Bola.com, Bogor - Gelandang muda Persikabo 1973, Tegar Infantrie, menantikan bergulirnya Piala Dunia 2022. Pemain berusia 23 tahun itu menyebut Belgia akan menjadi kuda hitam yang bakal jadi sandungan bagi tim-tim kuat dan kandidat juara.

Menurut Tegar Infantrie, Belgia bisa menjadi batu sandungan bagi tim-tim besar di Piala Dunia 2022 karena tim tersebut memiliki pemain berstatus bintang dan berpengalaman.

Advertisement

Tegar menilai Kevin de Bruyne dkk. bisa membuat pemain lawan kesulitan. Belgia juga masih memiliki pemain berkualitas lain sehingga kekuatan Belgia tidak bisa dipandang sebelah mata di Piala Dunia 2022.

2 dari 5 halaman

Tidak Boleh Diremehkan

Kevin De Bruyne. Pada putaran final Piala Dunia 2022, Grup F dihuni oleh Belgia, Kanada, Maroko dan Kroasia. Gelandang serang Belgia berusia 31 tahun, Kevin De Bruyne menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi dari seluruh pemain di Grup F dengan nilai 85 juta Euro atau hampir setara Rp1,3 triliun. Bersama Timnas Belgia ia telah mengoleksi 91 caps dengan torehan 24 gol dan 45 assist sejak melakukan debut pada 11 Agustus 2010. (AFP/Pool/Andreas Gebert)

Dalam perhelatan Piala Dunia 2022 ini, Belgia tergabung di Grup F bersama Kanada, Maroko, dan Kroasia. Laga pertama mereka akan berlangsung pada Kamis (24/11/2022), di mana Kanada akan menjadi lawan pertama mereka.

"Tim besar seperti Brasil, Argentina, dan Prancis tidak boleh menganggap enteng tim-tim seperti Belgia. Saya justru melihat Belgia bisa menjadi lawan yang menyulitkan. Hati-hati saja terhadap Belgia," ujar Tegar Infantrie kepada Bola.com, Kamis (17/11/2022).

"Belgia tidak boleh dipandang sebelah mata karena mereka pun memiliki pemain yang berkualitas dan berpengalaman," lanjut gelandang Persikabo 1973 itu.

Tegar Infantrie menilai Belgia berpeluang lolos dari fase babak penyisihan grup mengingat lawan-lawannya memiliki kekuatan yang tidak merata.

3 dari 5 halaman

Belgia juga Harus Waspadai Kroasia

Ilustrasi Timnas Kroasia. (AFP/Joe Klamar)

Hanya saja, pemain kelahiran Semarang ini, menilai Belgia harus mewaspadai Kroasia yang akan mereka hadapi pada laga ketiga Grup F Piala Dunia 2022, pada 1 Desember 2022. 

Kroasia, menurut Tegar, sama seperti tim-tim Eropa Timur yang selalu tampil ngotot dalam setiap pertandingan, serta memiliki fisik yang sangat bagus.

Jadi, jika ingin mengatasi Kroasia nanti, Belgia harus memenangkan lini tengah dan banyak menguasai bola dan menerapkan permainan pendek dari kaki ke kaki.

"Kalau di Grup F, sepertinya Belgia bisa mengatasi lawan-lawannya. Hanya saja, melawan Kroasia yang harus hati-hati dan waspada. Kroasia itu tipe permainannya ngotot, dan mereka selalu memiliki fisik yang bagus," ujar Tegar.

"Bukan hal yang mustahil Belgia bisa melangkah jauh di Piala Dunia kali ini. Mereka memiliki pemain-pemain bagus dan bermain di kompetisi ketat di Eropa, modal utama memiliki pemaoin-pemain berpengalaman itu," ujarnya mengakhiri pembicaraan.

4 dari 5 halaman

Belgia di Piala Dunia 2022

Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Belgia (Bola.com/Adreanus Titus)

23 November 2022

  • Belgia vs Kanada, Ahmad bin Ali Stadium

27 November 2022

  • Belgia vs Maroko, Al Thumama Stadium

1 Desember 2022

  • Kroasia vs Belgia, Ahmad bin Ali Stadium
5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup F Piala Dunia 2022

Berita Terkait