Kapten PSM Pede Belanda Jadi Kampiun Piala Dunia 2022 dan Akhiri Kutukan

oleh Nandang Permana diperbarui 18 Nov 2022, 13:15 WIB
Ilustrasi Timnas Belanda. (AFP/John Thys)

Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda tidak diragukan lagi adalah satu di antara kiblat sepak bola dunia. Jauh sebelum Spanyol dengan Tiki-Taka atau Inggris dengan Kick and Rush, Belanda sudah duluan populer dengan filosofi Total Football.

Dari Negeri Tulip itu pula banyak lahir pesepak bola top yang mendominasi liga di Eropa, sejak dulu hingga sekarang. Akan tetapi, Timnas Belanda belum pernah sekalipun meraih trofi Piala Dunia.

Advertisement

Dari 10 kali keikutsertaan di Piala Dunia, tim yang dijuluki The Flying Dutchmen itu hanya mampu meraih tiga kali status runner-up, yakni pada 1974, 1978, dan 2010.

Pada Piala Dunia 1974, Timnas Belanda menelan kekalahan 1-2 dari Jerman Barat, kemudian takluk 1-3 dari Argentina pada 1978, dan edisi 2010 menyerah 0-1 dari Spanyol. Tiga kali menjadi runner-up membuat Tim Oranje mendapat julukan 'juara tanpa mahkota'.

 

2 dari 5 halaman

Timnas Belanda Juaraa

Gelandang PSM Makassar Wiljan Pluim dikepung dua pemain Kedah Darul Aman dalam semifinal Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta. (Bola.com/Maheswara putra)

Nah, kali ini ada momentum mengakhiri kutukan tersebut. Pada Piala Dunia 2022 di Qatar yang mulai bergulir pada 20 November 2022, Timnas Belanda lagi-lagi masuk hitungan kandidat juara.

Keyakinan itu dilontarkan Wiljan Pluim, gelandang sekaligus kapten PSM Makassar. Pluim menegaskan, tahun ini Belanda bukan hanya lolos dari grup saja, tetapi terus melaju sampai ke final dan menjadi juara.

"Lalu juara. Saya yakin ini saatnya Belanda menjadi juara," seru Pluim, selepas latihan PSM Makassar di Stadion Kalegowa, Kamis (17/11/2022).

 

3 dari 5 halaman

Punya Modal Penting

Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Belanda (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Belanda memiliki modal penting untuk menjadi kampiun di Piala Dunia 2022. Mulai dari tim pelatih hingga skuad yang mumpuni. Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, mengusung kombinasi pemain senior dan junior.

Sebanyak 26 pemain dibawa Van Gaal ke Qatar. Termasuk pemain muda yaitu Xavi Simons.

Pluim sepakat, akan banyak pemain Belanda yang bersinar di Qatar. "Salah satunya Frankie de Jong. Dia pemain favorit saya," lanjut Pluim.

 

4 dari 5 halaman

Simak Daftar Tim di Grup A:

Berita Terkait