Dikritik Akibat Tampil Jelek saat Bertahan, Trent Alexander-Arnold: Saya Sadar Akan Hal Itu

oleh Rizki Hidayat diperbarui 21 Nov 2022, 16:45 WIB
Bek Liverpool Trent Alexander-Arnold (kiri) bersaing dengan bek Leeds United Pascal Struijk pada duel pekan ke-14 Premier League 2022/23 di Anfield, Minggu (30/10/2022) dini hari WIB. Liverpool kalah dramatis di kandang sendiri dari Leeds United. (Photo by Oli SCARFF / AFP)

Bola.com, Al Wakrah - Bek Timnas Inggris, Trent Alexander-Arnold, kerap menjadi sasaran kritikan akibat kemampuan betahannya yang buruk. Alexander-Arnold pun mengakui akan hal tersebut dan berupaya untuk memperbaikinya.

Bek Liverpool itu sedang kejatuhan durian runtuh jelang Piala Dunia 2022. Pesaing terberatnya di posisi bek kanan, Reece James tidak masuk daftar pemain Timnas Inggris gara-gara cedera.

Advertisement

Di sisi lain, Kyle Walker yang biasa dimainkan kini dalam kondisi tidak fit. Praktis pertarungan memperebutkan posisi bek kanan di Timnas Inggris hanya tingga Trent Alexander-Arnold dan Kieran Trippier.

Jika pelatih Tim Tiga Singa, Gareth Southgate, menaruh Trippier di kiri, Alexander-Arnold akan menghuni posisi alaminya sebagai bek kanan ketika bersua Iran pada laga perdana Grup B di Khalifa International Stadium, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Kemungkinan itu yang membuat publik Inggris kini waswas. Label bek kanan terbaik di dunia perlahan memudar, karena kemampuan menyerang Trent Alexander-Arnold yang ajib tidak diimbangi dengan skill bertahan mumpuni.

 

2 dari 6 halaman

Sadar Diri

Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold (tengah) bersama rekan setim melakukan pemanasan selama sesi latihan di AXA Training Center di Liverpool, Inggris pada 31 Oktober 2022. Liverpool dan Napoli sudah dipastikan lolos ke babak 16 Liga Champions. Hasil akhir tidak akan mempengaruhi posisinya untuk lolos ke babak selanjutnya. (AFP/Oli Scarff)

Keraguan publik tersebut membuat Trent Alexander-Arnold sadar diri. Pemain berusia 24 tahun itu memahami betul ada aspek permainannya, terutama dalam bertahan yang mesti diperbaiki.

"Saya mengakui ada banyak sorotan yang diarahkan kepada saya. Orang-orang terus menyoroti pada aspek permainan saya ketika bertahan," ujarnya kepada Italian Football TV.

"Saya sadar dengan hal itu. Saya mengatakan kepada diri saya bahwa ada bagian dari permainan saya yang perlu dilakukan perbaikan," tambahnya.

 

3 dari 6 halaman

Sudah Melakukan yang Benar

Fulham langsung menekan Liverpool di menit-menit awal pertandingan. The Cottagers hampir mencetak gol akibat kesalahan Trent Alexander-Arnold di lini belakang Liverpool. (AP/Ian Walton)

Namun, Trent Alexander-Arnold tidak sepakat dengan anggapan jika dirinya tidak pernah melakukan sesuatu yang benar. Dalam beberapa momen, sang pemain yakin sudah melakukannya dengan benar.

"Ada keputusan yang saya rasa memang harus dibuat dengan lebih baik," katanya.

"Tapi pada saat yang sama, ada saat-saat di mana saya bertahan sudah dengan sangat baik," sambung dia.

 

4 dari 6 halaman

Harus Objektif

Trent Alexander-Arnold berhasil mencetak satu gol saat Liverpool menang 3-1 atas Manchester City pada laga Community Shield 2022 di King Power Stadium, Sabtu (30/7/2022) malam WIB. (AP Photo/Leila Coker)

Trent Alexander-Arnold berharap penilaian terhadap dirinya harus objektif. Kritik yang ada jangan sampai terjebak pada proses menyalahkan dirinya semata.

"Saya merasa banyak orang suka berteriak tentang kesalahan yang saya buat, daripada berteriak tentang hal-hal yang saya lakukan dengan sangat baik," tegasnya.

 

5 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Inggris:

Ilustrasi Timnas Inggris. (AFP/Glyn Kirk)

21 November 2022

Inggris vs Iran

  • Khalifa International Stadium, Al Rayyan
  • Kick-ofF: 20.00 WIB

26 November 2022

Inggris vs Amerika Serikat

  • Al Bayt Stadium, Al Khor
  • Kick-off: 02.00 WIB

30 November 2022

Wales vs Inggris

  • Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan
  • Kick-off: 02.00 WIB

Sumber: IFTV

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal/Published: 21/11/2022)

6 dari 6 halaman

Berita Terkait