3 Pemain Korea Selatan yang Bisa Jadi Mimpi Buruk Uruguay di Piala Dunia 2022: Tak Hanya Son Heung-min

oleh Hery Kurniawan diperbarui 24 Nov 2022, 11:00 WIB
Kapten timnas Korea Selatan Son Heung-min mengenakan masker pelindung saat mengikuti sesi latihan menjelang dimulainya Piala Dunia 2022 Qatar, di Al Egla Training Site 5 di Doha, Rabu (16/11/2022). Son tampil dengan topeng, yang tampaknya terbuat dari serat karbon yang biasa digunakan dalam beberapa tahun terakhir. (Jung Yeon-je / AFP)

Bola.com, Jakarta - Timnas Korea Selatan menghadapi tantangan berat pada laga perdana Grup H Piala Dunia 2022. Tim yang dijuluki Taeguk Warriors itu harus menghadapi Uruguay, Kamis (24/11/2022).

Laga yang berlangsung di Education City Stadium ini adalah ulangan 16 besar Piala Dunia 2010. Pada Piala Dunia di Afrika Selatan itu, Uruguay berhasil menang 2-1 atas Timnas Korea Selatan.

Advertisement

Secara pengalaman dan komposisi pemain, Timnas Uruguay tentu lebih diunggulkan ketimbang Korea Selatan. Mereka punya bintang-bintang yang masih berlaga di Eropa.

Sebut saja seperti Rodrigo Bentancur dan Fede Falverde. Pemain senior seperti Luis Suarez dan Edinson Cavani pun masih ada di skuad La Celeste.

Namun, Timnas Korea Selatan tetap memiliki peluang. Apalagi jika tiga pemain ini fit dan bisa dimainkan sejak awal laga.

2 dari 6 halaman

Son Heung-min

Kapten timnas Korea Selatan Son Heung-min mengenakan masker pelindung saat mengikuti sesi latihan menjelang dimulainya Piala Dunia 2022 Qatar, di Al Egla Training Site 5 di Doha, Rabu (16/11/2022). Son menjalani operasi pada beberapa patah tulang di sekitar mata kirinya pada 4 November. (Jung Yeon-je / AFP)

Penyerang milik Tottenham Hotspur tersebut jelas menjadi harapan terbesar Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Son Heung-min adalah striker utama sekaligus kapten Timnas Korea Selatan.

Belakangan, reputasi Son pun semakin diakui. Ia menjadi satu dari beberapa penyerang paling berbahaya di Inggris.

Tantangan berat dialami Son belum lama ini. Ia sempat mengalami cedera di bagian wajah. Cedera itu dikhawatirkan bisa mengganggu performanya.

3 dari 6 halaman

Kim Min-jae

Timnas Korea Selatan akan bergantung pada ketangguhan Kim Min-jae di lini belakang pada Piala Dunia 2022. (AFP/

Cukup jarang ada bek dari Korea Selatan yang bisa bermain untuk klub besar Eropa. Kim Min-jae melakukan itu dengan baik bersama Napoli pada musim ini.

Kim mampu menjadi andalan di lini belakang tim yang dijuluki Partenopei tersebut. Bahkan, dia turut membuat Napoli duduk di puncak klasemen sementara Serie A.

Kim yang memiliki tinggi badan lebih dari 190 cm itu bakal menjadi tembok yang sangat susah ditembus para pemain depan Uruguay. 

4 dari 6 halaman

Lee Jae-sung

Satu lagi pemain yang bisa merusak pesta Uruguay pada laga nanti adalah Lee Jae-sung. Pemain berusia 30 tahun ini berposisi sebagai gelandang serang.

Sejak 2018, Lee bermain di Jerman. Pada pertengahan 2021, ia bermain untuk klub kasta tertinggi Jerman, Mainz 05.

Lee sudah bermain 16 kali di semua ajang bersama Mainz 05 di musim 2022/2023. Ia pun sudah mencetak dua gol dan satu assist.

 

5 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi Klub Favorit Kamu:

Berita Terkait