Foto: Aksi Para Kiper Tangguh di Matchday Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022, Termasuk Shuichi Gonda Sang Wakabayashi Jepang

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 25 Nov 2022, 17:07 WIB
Matchday pertama fase grup Piala Dunia 2022 banyak menghadirkan drama. Salah satunya adalah penampilan tangguh para kiper yang harus pontang-panting untuk menjaga gawang mereka agar tidak kebobolan. Berikut aksi-aksinya. (AP/Ebrahim Noroozi)
Kemenangan 2-0 Belanda atas Senegal di matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 tak lepas dari peran kiper mereka, Andries Noppert. Kiper 28 tahun itu tercatat melakukan empat penyelamatan penting yang membuat gawang De Oranje tak terkoyak hingga akhir laga. (AP/Petr David Josek)
Bagi Nopert, ini merupakan laga debutnya bersama Timnas Belanda. Pria berpostur 203 centimeter itu mampu menjawab kepercayaan yang diberikan oleh Louis van Gaal dengan penampilan apik dan mampu mencatatkan cleansheet. (AP/Thanassis Stavrakis)
Mohammed Al Owais menjadi salah satu kunci kemenangan mengejutkan Arab Saudi atas Argentina pada matchday pertama Grup C Piala Dunia 2022. Penampilan percaya dirinya di bawah mistar gawang The Falcons membuat frustrasi Messi dan kolega. (AP/Natacha Pisarenko)
Al Owais tercatat melakukan lima penyelamatan penting pada laga tersebut. Ia juga terpilih sebagai Man of The Match meskipun tak mampu menorehkan cleansheet karena gol penalti dari Lionel Messi. (AP/Luca Bruno)
Guillermo Ochoa masih dipercaya tampil di Piala Dunia edisi kelimanya untuk mengawal gawang Meksiko. Bukan tanpa alasan, pelatih Gerardo Martino masih memberinya panggung di perhelatan akbar sepak bola empat tahunan ini. (AP/Moises Castillo)
Ochoa tercatat mampu membuat dua penyelamatan krusial pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 melawan Polandia. Bukan hanya itu saja, pria 37 tahun itu sukses menepis bola tendangan penalti yang dilesatkan oleh Lewandowski. (AP/Themba Hadebe)
Shuichi Gonda bisa dikatakan sebagai kiper paling sibuk di matchday pertama Piala Dunia 2022. Ia tercatat telah melakukan 8 kali penyelamatan saat laga Grup E antara Jepang melawan Jerman. (AP/Eugene Hoshiko)
Gonda hanya sekali gagal menahan tembakan on target milik Ilkay Gundogan yang berhasil menjadi gol penalti untuk Jerman. Ia pun terpilih sebagai Man of The Match untuk comeback manis 2-1 Jepang. (AP/Petr Josek)
Beruntung bagi Belgia memiliki kiper berpengalaman Thibaut Courtois. Ia menjadi tembok tangguh skuad berjuluk De Rode saat matchday perama Grup F Piala Dunia 2022 melawan Kanada. (AP/Hassan Ammar)
Courtois tercatat mampu membuat tiga penyelamatan penting pada laga tersebut. Ia juga sukses menggagalkan tendangan penalti Alphonso Davies setelah wasit menunjuk titik putih karena Yannick Carrasco melakukan handball. Pria 30 tahun itu pun terpilih sebagai Man of The Match untuk kemengan 1-0 Belgia. (AP/Martin Meissner)

Berita Terkait