Gelandang PSM Jagokan Portugal Bungkam Uruguay dan Tembus 16 Besar Piala Dunia 2022

oleh Nandang Permana diperbarui 28 Nov 2022, 18:15 WIB
Pemain Timnas Portugal melakukan sesi foto sebelum pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 melawan Timnas Ghana di Stadium 974, Qatar, Kamis (24/11/2022). (AP Photo/Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Gelandang PSM Makassar, Rizky Eka Pratama, menjagokan Timnas Portugal meraih kemenangan atas Uruguay pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Menurut Rizki, Portugal memiliki skuad yang mumpuni untuk bisa membungkam Uruguay. Satu di antara pemain bintang A Selecao yang bakal menjadi momok buat tim lawan adalah Cristiano Ronaldo.

Advertisement

"Salah satunya Cristiano Ronaldo. Semakin menantang pertandingannya, dia semakin bagus. Pada laga lawan Uruguay, Ronaldo pasti termotivasi untuk ke-16 besar secepatnya," demikian prediksi Rizky kepada Bola.com, Senin (28/11/2022).

Timnas Portugal punya modal penting jelang duel melawan Uruguay. Mereka berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Ghana pada partai pertama Grup H Piala Dunia 2022, 24 November lalu.

 

2 dari 5 halaman

Butuh 3 Poin untuk Lolos

Pencetak gol tertua Portugal di Piala Dunia. Saat mencetak gol penalti untuk Portugal ke gawang Ghana, Cristiano Ronaldo yang berusia 37 tahun dan 151 hari menjadi pemain Tertua Portugal yang mencetak gol di ajang Piala Dunia. Ia juga masih tercatat sebagai pemegang rekor pemain Portugal termuda yang mencetak gol di ajang Piala Dunia saat berusia 21 tahun dan 132 hari kala Portugal menang 2-0 atas Iran pada matchday kedua Grup D Piala Dunia 2006 (17/6/2006). (AP/Manu Fernandez)

Hasil tersebut membuat Timnas Portugal kini berada di urutan teratas Grup H dengan nilai tiga. Portugal unggul dua angka atas Korea Selatan dan Uruguay yang menghuni posisi dua serta tiga.

Dengan torehan itu, tim asuhan Fernando Santos tersebut hanya membutuhkan tiga poin untuk bisa lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022. Namun, Timnas Uruguay juga mengincar kemenangan demi menjaga asa melenggang ke fase knock-out.

"Portugal harus kerja keras. Uruguay kalau saya lihat, materinya lebih bagus daripada Ghana. Ada Luis Suarez, Diego Godin, Fede Valverde, hingga Darwin Nunez. Pasti bakal seru pertandingan nanti malam," lanjut pesepak bola berusia 22 tahun itu.

 

3 dari 5 halaman

Bakal Jadi Batu Sandungan

Piala Dunia 2022 - Portugal Vs Uruguay - Cristiano Ronaldo Vs Luis Suarez (Bola.com/Adreanus Titus)

Kedua kesebelasan pernah bertemu di Piala Dunia 2018. Ketika itu, Portugal kalah 1-2 dari Uruguay pada 16 besar.

Sepasang gol kemenangan Uruguay dicetak lewat Edinson Cavani. Sementara itu, gol semata wayang Portugal diciptakan oleh Pepe.

Berbekal torehan tersebut plus dengan skuad yang hampir sama, bukan tidak mungkin Uruguay bisa menjadi batu sandungan bagi Cristiano Ronaldo dkk. Namun, Rizki Eka memprediksi Timnas Portugal bakal menang dengan skor tipis.

"Kalau skornya 1-0, Ronaldo yang bikin gol. Kalau 2-1, Ronaldo dan Rafael Leao yang cetak gol. Uruguay mungkin lewat Suarez atau Nunez," ujar Rizki mengakhiri prediksinya.

4 dari 5 halaman

Simak Posisi Portugal dan Uruguay di Bawah Ini:

5 dari 5 halaman

Berita Terkait