Prakiraan Starting XI Belanda Vs Qatar: Berani Rotasi?

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 29 Nov 2022, 16:15 WIB
Piala Dunia 2022 - Belanda Vs Qatar (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Al Khor - Timnas Belanda akan menghadapi Qatar pada laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Selasa (29/11/2022) malam WIB. Laga ini sangat krusial buat De Oranje.

Timnas Belanda mengincar satu tiket ke-16 besar Piala Dunia 2022. Syaratnya adalah pasukan Louis van Gaal itu wajib menang atas Qatar pada laga pamungkas.

Advertisement

Bila menelan kekalahan atau imbang, nasib Belanda akan ditentukan duel Ekuador kontra Senegal. Hal itulah yang membuat Belanda tak mau melepaskan laga melawan Qatar.

Di sisi lainnya, Qatar juga bertekad menutup Piala Dunia 2022 dengan hasil manis mengalahkan Timnas Belanda. Maklum, Qatar yang merupakan tim tuan rumah menelan dua kekalahan beruntun. Lantas, bakal seperti apa susunan pemain yang akan diturunkan kedua tim?

2 dari 5 halaman

Minim Rotasi

Selebrasi pemain timnas Belanda usai Cody Gakpo menjebol gawang Ekuador dalam pertandingan grup A Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International, Qatar, Jumat (25/11/2022). (AP Photo/Martin Meissner)

Timnas Belanda diprediksi tak akan banyak melakukan rotasi pemain. Itu dilihat dari dua laga yang sudah dimainkan De Oranje di Piala Dunia 2022.

Pelatih Louis van Gaal hanya mengganti satu pemain pada starter awal. Pemain yang dimainkan sebagai starter secara bergantian adalah Teun Koopmeiners dann Steven Berghuis. Belanda diyakini masih akan mengandalkan skema 3-4-3.

Trio Davy Klaassen, Steven Bergwijn, dan Cody Gakpo sebagai ujung tombak. Pergerakan mereka akan ditopang Denzel Dumfries, Daley Blind, dan Frenkie de Jong di lini tengah.

3 dari 5 halaman

Andalkan Skuad Inti

Timnas Qatar berfoto sebelum dimulainya laga matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 menghadapi Timnas Ekuador di Al-Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (AP/Hassan Ammar)

Sementara itu, Qatar menyadari akan pentingnya pertandingan melawan Belanda. Sebagai tuan rumah, mereka tentu ingin meraih kemenangan perdana di Piala Dunia 2022.

Kemenangan atas Belanda bakal menjadi penutup turnamen dengan indah. Pelatih Qatar diyakini masih akan mengandalkan skema 3-4-3. Ismail Mohamad dan Homam Ahmed akan membantu serangan dari lini sayap.

Keduanya akan menyokong pergerakan dari duo Almoez Ali dan Akram Afif. Menarik untuk menantikan pertandingan tersebut.

4 dari 5 halaman

Prakiraan susunan pemain

Penyerang Belanda, Cody Gakpo (tengah) berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Ekuador pada pertandingan grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022). Belanda bermain imbang dengan Ekuador dengan skor 1-1. (AP Photo/ Martin Meissner)

Belanda (3-4-3): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (belakang), Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Klaassen, Teun Koopmeiners, Danny Blind (tengah), Davy Klaassen, Cody Gakpo, Steven Bergwijn (depan)

Qatar (3-4-3): Meshaal Barsham (kiper), Pedro Miguel, Abdelkarim Hassan (belakang) Ismail Mohamad, Khoukhi, Homam Ahmed, Hassan Al-Haydos, Karim Boudiaf, Madibo (tengah), Akram Afif, Almoez Ali (depan)

5 dari 5 halaman

Berita Terkait