Inggris Bantai Wales di Piala Dunia 2022, Kalvin Phillips: Gol Pertama Kuncinya

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 30 Nov 2022, 06:50 WIB
Pemain Inggris merayakan gol kedua timnya ke gawang Wales yang dicetak oleh Phil Foden saat matchday ketiga Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022). (AP/Pavel Golovkin)

Bola.com, Al Rayyan - Gelandang Timnas Inggris, Kalvin Phillips, menyambut antusias kemenangan 3-0 yang diraih The Three Lions atas Wales dalam laga pamungkas Grup B Piala Dunia 2022, Rabu (30/11/2022).

Menurut Kalvin Phillips, kunci kemenangan The Three Lions terletak pada gol pertama jadi jadi momentum.

Advertisement

Bertanding di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Timnas Inggris mendapatkan perlawanan ketat dari Wales sepanjang babak pertama. Tidak ada gol yang mampu dicetak sehingga harus menutup babak pertama dengan skor 0-0.

Timnas Inggris akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-50 melalui Marcus Rahsford. Setelah itu, Kalvin Phillips menyebut Inggris makin tak terkendali sehingga mampu menambah dua gol lagi melalui Phil Foden (51') dan Rashford (68').

"Begitu kami mencetak gol pertama, itu akan benar-benar membuat kami marah. Setelah itu kami bisa mencetak beberapa gol lagi. Jadi, kuncinya adalah mencetak gol pertama itu," kata Kalvin Phillips seperti dikutip situs resmi FIFA.

Kemenangan ini membuat Timnas Inggris lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Pasukan Gareth Southgate keluar sebagai juara Grup B dengan raihan tujuh poin.

2 dari 5 halaman

Beri Pujian

Penyerang Inggris Marcus Rashford merayakan gol pembuka yang dicetaknya ke gawang Wales pada pertandingan terakhir Grup B di Ahmad bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Timnas Inggris melangkah mantap ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. (AP Photo/Frank Augstein)

Kalvin Phillips tak lupa memberikan pujian terhadap Marcus Rashford dan Phil Foden yang jadi pahlawan Timnas Inggris. Menurut Kalvin Phillips, kemenangan timnya tak bisa dipisahkan dari peran kedua pemain itu.

"Para pemain bermain bagus. Pujian tertinggi untuk Marcus dan Phil yang mencetak gol dengan bagus," tegas Kalvin Phillips.

Timnas Inggris akan menghadapi Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Laga akan digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor pada Senin (5/12/2022) dini hari WIB.

3 dari 5 halaman

Bikin Takjub

Pelatih Inggris, Gareth Southgate memeluk pemainnya, Marcus Rashford saat matchday ketiga Piala Dunia 2022 melawan Wales di Ahmad Bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022). (AP/Frank Augstein)

Pujian untuk Rashford juga datang dari manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate. Menurutnya, performa yang diperlihatkan oleh penyerang Manchester United (MU) itu adalah hasil dari latihannya yang sangat baik setelah kembali memperkuat The Three Lions.

"Luar biasa baginya. Ia telah berlatih dengan sangat baik. Ia tampil impresif sejak kembali bersama kami," ujar Gareth Southgate seperti dikutip BBC Sport.

"Dia bisa saja mencetak hattrick. Tendangan bebasnya adalah apa yang bisa dilakukannya dengan baik, sebuah tembakan yang sangat luar biasa," tegas Southgate.

4 dari 5 halaman

Klasemen Akhir Grup B

5 dari 5 halaman