Prediksi Starting XI Kamerun Vs Brasil di Piala Dunia 2022: Kesempatan Rotasi Pemain

oleh Hery Kurniawan diperbarui 02 Des 2022, 11:45 WIB
Piala Dunia 2022 - Kamerun Vs Brasil (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Brasil akan menjalani laga matchday terakhir Grup G Piala Dunia 2022 dengan lebih santai. Tim asuhan Tite sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar sejak matchday kedua lalu.

Brasil memang tampil apik. Mereka meraih dua kemennagan dari dua laga. Pada laga ketiga, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB, Selecao akan menghadapi Timnas Kamerun.

Advertisement

Berbeda dengan Brasil, Timnas Kamerun masih berambisi untuk meraih kemenangan pada laga ketiga. Kamerun yang baru mengumpulkan satu poin memang masih bisa lolos ke babak selanjutnya.

Syaratnya, mereka harus menang atas Brasil dengan margin dua gol atau lebih. Sementara di laga lain Swiss berbagi skor imbang melawan Serbia.

2 dari 6 halaman

Brasil Rotasi Pemain Besar-Besaran?

Pelatih Timnas Brasil, Tite memberikan instruksi kepada anak buahnya dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 melawan Timnas Serbia yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Jumat (25/11/2022). (AP Photo/Andre Penner)

Tiket babak 16 besar sudah dipegang Timnas Brasil. Hal itu bisa membuat mereka bermain lebih santai pada laga melawan kamerun. Tite bisa menurunkan para pemain yang selama ini menjadi pelapis.

Di posisi penjaga gawang, Alisson Becker kemungkinan besar akan diistirahatkan. Ederson Moraes akan bermain menggantikan Alisson.

Dani Alves yang sedang menjalani Piala Dunia terakhirnya kemungkinan besar akan dimainkan pada laga ini. Alves akan mengisi posisi bek kanan.

Di lini depan, Tite kemungkinan besar juga akan mengistirahatkan Richarlison. Penyerang Arsenal, Gabriel Jesus sangat mungkin diturunkan sejak awal.

3 dari 6 halaman

Minus Onana

Andre Onana. Kiper Kamerun berusia 26 tahun ini baru saja didatangkan Inter Milan untuk mengarungi musim 2022/2023 dengan status bebas transfer dari Ajax Amsterdam. Ia dikontrak hingga Juni 2027 dan diplot untuk melapis kiper utama Inter Milan, Samir Handanovic yang telah dimakan usia. Selama 6 musim berseragam Ajax, Andre Onana total tampil dalam 212 laga di semua ajang dengan torehan 85 kali clean sheet dan kebobolan 192 gol. (AFP/Issouf Sanogo)

Di sisi lain, Timnas Kamerun sempat mengalami masalah internal. Masalah itu memakan korban. Sang penjaga gawang Andre Onana harus dipulangkan.

Mengisis kekosongan posisi yang ditinggalkan Onana, Kamerun masih punya dua kiper. Namun, sepertinya Devis Epassy akan kembali diturunkan oleh Rigobert Song.

Mayoritas pemain yang tampil dalam laga imbang Kamerun melawan Serbia pada pertandingan sebelumnya kemungkinan besar akan tetap dimainkan pada laga ini. Sebut saja Frank Anguissa dan Eric Choupo-Moting.

4 dari 6 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Kamerun (4-3-3): Devis Epassy (Kiper), Nicolas Nkolou, Collins Fai, Jean-Chalres Casteletto, Nahou Tolo (Belakang), Frank Anguissa, Pierre Kunde, Martin Hongla (Tengah), Karl Toko Ekambi, Eric Chouo-Moting, Vincent Aboubakar (Depan).

Pelatih: Rigobert Song

Brasil (4-3-3): Ederson Moraes (Kiper), Dani Alves, Bremer, Thiago Silva, Alex Sandro (Belakang), Fred, Fabinho, Lucas Paqueta (Tengah), Antony, Gabriel Jesus, Vinicius Jr (Depan).

Pelatih: Tite

5 dari 6 halaman

Posisi Kamerun dan Brasil di Grup G Piala Dunia 2022

6 dari 6 halaman

Berita Terkait