Daftar Pemain Argentina Lulusan Medali Emas Olimpiade 2008: Lionel Messi dan Angel Di Maria Masih Jadi Andalan

oleh Choki Sihotang diperbarui 09 Des 2022, 19:30 WIB
Juan Roman Riquelme yang kini berkostum Boca Juniors menjadi salah satu andalan Argentina saat meraih medali emas pada Olimpiade Beijing 2008. (EPA/Martin Zabala)

Bola.com, Jakarta - Argentina merupakan satu dari sekian nama besar di pentas sepak bola Internasional. Negara yang terletak di Amerika Selatan ini tak pernah sepi dari talenta-talenta berbakat.

Dieo Maradona misalnya, satu dari sekian pemain terhebat yang pernah dimiliki Argentina. Maradona bahkan pernah membawa Tim Tango menjadi yang terbaik di Piala Dunia 1986.

Advertisement

Itu merupakan gelar kedua mereka di panggung terakbar setelah yang pertama pada 1978, saat mereka berstatus sebagai tuan rumah.

Sayang, pasca Maradona, La Albiceleste tak pernah lagi naik podium kehormatan. Padahal, pemain-pemain top terus bermunculan tanpa henti.

Kini, di Qatar, di ajang Piala Dunia 2022, Argentina kembali mencoba peruntungan. Dimotori Lionel Messi, skuad besutan Lionel Scaloni bertekad menyudahi penantain panjang.

Selain dua trofi Piala Dunia, Argentina juga pernah menorehkan catatan mengilap dalam dua Olimpiade yakni 2004 di Athena, Yunani, dan 2008 di Beijing, China. Kala itu, Argentina tampil digdaya dengan meraih medali emas sepak bola.

Khusus edisi 2008, beberapa di antaranya menjadi pemain paling sukses di planet ini. Namun, sebagian lain, tenggelam dengan seiring berjalannya waktu.

 

Posisi: Kiper

Umur: 36

Klub Saat Ini: Pachuca

Pernah dianggap sebagai penjaga gawang paling berbakat di Argentina, cedera mengganggu karier yang menjanjikan bagi mantan penjaga gawang Sunderland yang kini bermain di Meksiko bersama Pachuca.

 

2 dari 20 halaman

Ezequiel Garay

Ezequiel Garay (AFP/Juan Mabromata)

Posisi: Bek tengah

Umur: 36

Klub Saat Ini: Pensiun

Sebelum Olimpiade, Garay bergabung dengan Real Madrid dari Racing Santander. Dia lalu pindah ke Benfica kemudian ke Zenit pada tahun 2014.

Dia terakhir kali bergabung dengan Valencia tetapi meninggalkan klub itu pada Februari 2020 karena cedera ligamen.

 

3 dari 20 halaman

Fabian Monzon

Posisi: Bek kiri

Umur: 35

Klub Saat Ini: Pensiun

Monzon pindah ke Real Betis setelah tampil mengesankan di Beijing dan dia kemudian bermain untuk Nice, Lyon, Fluminense, Catania, Boca Juniors dan Universidad de Chile sebelum bergabung dengan Klub Atletico Tucuman pada 2019 dan pensiun tahun lalu.

 

4 dari 20 halaman

Federico Fazio

Lucas Biglia, Lionel Messi, Federico Fazio, Mauro Icardi melakukan sprint pada sesi latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Ezeiza, Buenos Aires, (3/10/2017). Argentina akan melawan Peru pada 6 oktober 2017. (AP /Victor R. Caivano)

Posisi: Bek Tengah

Umur: 35

Klub Saat Ini: Salernitana

Bek jangkung ini menghabiskan tujuh musim yang sangat produktif bersama Sevilla sebelum cabut ke Tottenham pada 2014.

Namun, semua tidak berjalan baik di London Utara. Dia sempat dipulangkan ke Sevilla sebagai pemain pinjaman dan dipinjamkan lagi ke AS Roma. I Lupi akhirnya memberinya kontrak permanen, dari 2017 hingga 2022.

Saat ini, Fazio berusaha mempertahankan Salernitana di Serie A.

 

5 dari 20 halaman

Pablo Zabaleta

Bintang Manchester City, Pablo Zabaleta menjadi benteng kokoh bagi Argentina saat meraih medali emas pada Olimpiade Beijing 2008. (EPA/Marius Becker)

Posisi: Bek Kanan

Umur: 37

Klub Saat Ini: Pensiun

Setelah tampil dalam enam pertandingan Olimpiade, Zabaleta meninggalkan Espanyol dan merapat ke Manchester City. Di City, dia memainkan peran kunci yang membuat raksasa Inggris itu menjadi salah satu klub paling sukses.

Sebelum pensiun, Zabaleta berseragam West Ham United (2017 - 2020).

6 dari 20 halaman

Fernando Gago

Gelandang Boca Juniors, Fernando Gago, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Olimpo pada laga Liga Argentina di Stadion La Bombonera, Argentina, Minggu (15/2/2015). (AFP/STR)

Posisi: Gelandang Bertahan

Umur: 36

Klub saat ini: Pensiun

Meski tampil mengesankan di pentas internasional, karier klub Gago tak semulus yang dikira banyak orang.

Setelah berjuang menempa karier di Eropa bersama Real Madrid, Roma, dan Valencia, dia akhirnya kembali ke klub lamanya, Boca Juniors, sebelum pindah ke Velez Sarsfield secara gratis dan kemudian pensiun pada November 2020.

 

7 dari 20 halaman

Jose Sosa

Gelandang AC Milan, Jose Sosa, berusaha melewati gelandang Borussia Dortmund, Emre Mor pada turnamen pramusim ICC 2017 di Stadion Tianhe, Guangzhou, Selasa (18/7/2017). Borussia Dortmund menang 3-1 atas AC Milan. (EPA/Aleksandar Plavevski)

Posisi: Sayap Kanan

Umur: 37

Klub Saat Ini: Estudiantes

Karier penuh warna Sosa berlangsung di Bayern Munich, Napoli, Metalist Kharkiv, Atletico Madrid, dan Besiktas, di mana ia memenangkan liga pada musim 2015/2016. Dia sekarang bermain untuk klub masa kecilnya, Estudiantes, kembali pada musim panas sekitar 15 tahun setelah dia pergi untuk memulai petualangan Eropa.

Di tahun-tahun terakhirnya dia juga pernah beraksi beersama Milan, Trabzonspor, dan Fenerbahce. Bukan CV yang buruk.

 

8 dari 20 halaman

Ever Banega

Ever Banega jadi andalan Timnas Argentina di Piala Dunia 2018. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Posisi: Gelandang Tengah

Umur: 34

Klub Saat Ini: Al Shabab

Gelandang berbakat ini menghabiskan tahun-tahun terbaiknya bersama Valencia dan bermain untuk Atletico Madrid, Estudiantes, dan Inter Milan sebelum kembali ke Sevilla, di mana ia memenangkan tiga gelar Liga Europa.

Saat ini, dia memutuskan pindah ke Liga Pro Saudi dengan Al Shabab.

 

9 dari 20 halaman

Ezequiel Lavezzi

Bintang PSG, Ezequiel Lavezzi ini ikut membantu Argentina meraih medali emas pada Olimpiade Beijing 2008. (EPA/Juan Ignacio Roncoroni)

Posisi: Sayap Kiri

Umur: 37

Klub saat ini: Pensiun

Dia pernah menjadi talenta yang sangat oke di Napoli. Raksasa Prancis, Paris Saint-Germain kemudian merekrutnya pada 2012.

Setelah tiga setengah musim di Paris, Lavezzi bergabung dengan sejumlah bintang terkenal di Liga Super China, mencetak 35 gol dalam 75 pertandingan untuk Hebei China Fortune sebelum pensiun pada 2019.

10 dari 20 halaman

Juan Roman Riquelme

Juan Roman Riquelme - Pemain asal Argentina ini menjadi pengguna nomor punggung 10 menggantikan Rivaldo pada tahun 2002-2003. (AFP/Lluis Gene)

Posisi: Gelandang Serang

Umur: 44

Klub Saat Ini: Pensiun

Dia kapten Argentina di Olimpiade Beijing. Selain Boca Juniors, Riquelme pernah juga berkostum Barcelona dan Villarreal serta Argentinos Juniors di tanah kelahirannya. Riquelme mengumumkan pengunduran dirinya pada Januari 2015.

 

11 dari 20 halaman

Angel Di Maria

Argentina sukses mencuri poin dari markas Uruguay lewat gol tunggal Angel Di Maria. Hasil tersebut membuat Albiceleste tetap berada di urutan kedua klasemen di bawah Brasil, dengan raihan 28 poin. (AFP/Pool/Ernesto Ryan)

Posisi: Sayap Kiri

Umur: 34

Klub saat ini: Juventus

Mantan pilar Benfica, Real Madrid, Manchester United, dan PSG ini masih jadi andalan Argentina di Piala Dunia 2022. Usianya yang tua tak membuat Di Maria kehilangan sentuhan magisnya.

 

12 dari 20 halaman

Lionel Messi

Bintang Argentina Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Meksiko dalam pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (27/11) dini hari WIB. Argentina menang 2-0. (AP Photo / Ariel Schalit)

Posisi: Penyerang

Umur: 35

Klub saat ini: PSG

Pemenang Ballon d'Or tujuh kali ini sudah lima kali tampil di Piala Dunia dan edisi 2022 merupakan momen terakhirnya untuk memenangkan trofi kenduri tertinggi bersama Argentina.

 

13 dari 20 halaman

Sergio Aguero

Penyerang Argentina, Sergio Aguero berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Chile pada pertandingan perebutan tempat ketiga Copa America 2019 di Arena Corinthians di Sao Paulo, Brasil (6/7/2019). Argentina sukses merebut posisi ketiga usai mengalahkan Chile 2-1. (AP Photo/Nelson Antoine)

Posisi: Striker

Umur: 34

Klub saat ini: Pensiun

Aguero mencetak 260 gol menakjubkan dalam 390 pertandingan untuk Manchester City sebelum bergabung dengan Barcelona pada 2021. Sayangnya, Aguero terpaksa pensiun karena alasan kesehatan tahun lalu.

14 dari 20 halaman

Sergio Romero

Sergio Romero. Kiper asal Argentina berusia 35 tahun yang baru saja bergabung dengan Boca Juniors pada awal musim 2022/2023 ini tercatat pernah berkiprah di Liga Inggris bersama Manchester United selama 6 musim mulai 2015/2016 hingga 2020/2021. Ia didatangkan MU dari Sampdoria dengan status bebas transfer dan hanya diplot sebagai pelapis David De Gea. Ia hanya tampil 7 kali di Liga Inggris bersama MU dan lebih banyak bermain di ajang kelas dua, seperti Piala Liga Inggris, Piala FA dan Liga Europa. (AFP/Paul Ellis)

Posisi: Kiper

Umur: 35

Klub Saat Ini: Boca Juniors

Bisa dibilang, Romero punya nasib yang baik ketimbang rekannya yang lain. Sebelum kembali ke Argentina dan memperkuat Boca Juniors tahun ini, dia pernah memperkuat Manchester United dan Sampdoria.

 

15 dari 20 halaman

Lautaro Acosta

Posisi: PenyerangUmur: 34

Klub Saat Ini: Lanus

Cedera merusak karier Acosta dan setelah gagal di Sevilla dan Racing Santander di Spanyol, ia kembali ke klub pertamanya, Lanus, pada 2013.

 

16 dari 20 halaman

Javier Mascherano

Javier Mascherano. Eks Gelandnag bertahan berusia 38 tahun yang telah pensiun pada November 2020 bersama Estudiantes ini tercatat total mengoleksi 20 caps bersama Argentina di ajang Piala Dunia. Jumlah tersebut dicatatkannya dalam 4 edisi Piala Dunia, yaitu mulai 2006 hingga 2018. Prestasi terbaiknya yaitu saat membawa Argentina menjadi runner-up pada edisi 2014 di Brasil setelah kalah 0-1 dari Jerman lewat perpanjangan waktu di partai final. (AFP/Olga Maltseva)

Posisi: Bek Tengah

Umur: 38

Klub Saat Ini: Pensiun

Memukau di Olimpiade, membuka jalan Mascherano ke River Plate, Corinthians, West Ham, Liverpool, dan Barcelona, sebelum akhirnya melanjutkan karier ke China pada Januari 2018. Dua tahun kemudian, tepatnya November 2020, Mascherano memutuskan gantung sepatu.

 

17 dari 20 halaman

Nicolas Pareja

Posisi: Bek Tengah

Umur: 38

Klub Saat Ini: Pensiun

Usai memenangkan medali emas Olimpiade 2008, Pareja laris manis. Dari Anderlecht, dia melanjutkan petualangan ke Espanyol, Spartak Moscow, Sevilla, dan Atlas sebelum akhirnya pensiun pada 2019.

 

18 dari 20 halaman

Diego Buonanotte

Posisi: Sayap Kiri

Umur: 34

Klub Saat Ini: Sporting Cristal

Pemain sayap mungil ini saat ini bermain untuk klub Peru, Sporting Cristal. Sebelumnya dia berjuang untuk River Plate, Malaga, Granada, Pachuca, Quilmes, AEK Athens, dan Universidad Catolica.

 

19 dari 20 halaman

Nicolas Navarro

Posisi: Kiper

Umur: 37

Klub Saat Ini: Pensiun

Setelah gagal di Napoli, Navarro terpental dari satu klub ke klub lain dan akhirnya pensiun tahun lalu. Jejaknya terakhir kali terlihat di Arsenal de Sarandi, klub Argentina.

Sumber: Squawka

20 dari 20 halaman

Berita Terkait