Kegagalan Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 Gara-gara Fernando Santos Tepikan Cristiano Ronaldo

oleh Rizki Hidayat diperbarui 12 Des 2022, 14:00 WIB
Ekspresi kecewa pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo usai gagal memanfaatkan peluang di depan gawang Timnas Maroko dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Martin Meissner)

Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal gagal lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. Legenda Portugal, Luis Figo, menganggap kegagalan A Selecao merupakan kesalahan Fernando Santos, terutama karena menepikan Cristiano Ronaldo.

Mantan bintang Manchester United itu menjadi starter dalam tiga pertandingan Grup H Piala Dunia 2022. Namun, Cristiano Ronaldo dicadangkan dalam pertandingan melawan Swiss pada 16 besar.

Advertisement

Saat melawan Swiss di Lusail Stadium, Lusail, 7 Desember 2022, posisi Ronaldo digantikan Goncalo Ramos yang berusia 21 tahun. Pemain Benfica tersebut mampu mencetak hattrick dan membawa Timnas Portugal menang 6-1 atas Swiss.

Saat bersua Maroko pada perempat final, Ronaldo kembali dicadangkan. Namun, perjudian Santos kali ini tidak membuahkan hasil karena mereka kalah dengan skor 0-1.

Timnas Portugal kalah 0-1 setelah Youssef En-Nessri mencetak gol pada menit ke-42. Akibatnya, Cristiano Ronaldo dkk. harus menyudahi petualangannya di Piala Dunia 2022.

 

2 dari 5 halaman

Salahkan Santos

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo bereaksi setelah kehilangan peluang mencetak gol ke gawang Maroko pada pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 kontra Maroko di Stadion Al-Thumama di Doha, Sabtu (9/12/2022). Kekalahan Portugal atas Maroko di perempat tampaknya telah membuat karir Ronaldo bagi timnas Portugal di turnamen empat tahun sekali itu habis. (AP Photo/Martin Meissner)

Menurut Luis Figo, Fernando Santos sangat keliru mencadangkan Ronaldo pada pertandingan penting di Piala Dunia 2022. Dia pun menyalahkan Santos atas kegagalan Timnas Portugal tersebut.

"Anda tidak bisa memenangkan Piala Dunia dengan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan," kata Figo.

"Menang melawan Swiss? Luar biasa! Tetapi bisakah Anda melakukan itu pada setiap pertandingan? Tidak," sambungnya.

"Meninggalkan CR7 di bangku cadangan adalah sebuah kesalahan, kekalahan ini adalah tanggung jawab manajemen dan manajer."

 

3 dari 5 halaman

Tidak Menyesal

Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo meninggalkan lapangan sambil dihibur pelatih Fernando Santos usai laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Alessandra Tarantino)

Sementara itu, Fernando Santos mengaku tidak menyesal mencadangkan Ronaldo saat melawan Maroko sehingga Portugal tersingkir dari Piala Dunia 2022.

"Saya kira tidak, tidak ada penyesalan," ujar Santos kepada ESPN.

"Saya menilai ini adalah tim yang bermain sangat baik melawan Swiss. Cristiano Ronaldo adalah pemain hebat, dia datang saat kami pikir itu perlu, jadi tidak ada penyesalan."

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022:

Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Final Draw (Bola.com/Adreanus Titus)

Rabu, 14 Desember 2022

Argentina vs Kroasia

pukul 02.00 WIB

Lusail Iconic Stadium

Kamis, 15 Desember 2022

Prancis vs Maroko

pukul 02.00 WIB

Al Bayt Stadium

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 12/12/2022)

5 dari 5 halaman

Berita Terkait