Jelang Perebutan Tempat Ketiga di Piala Dunia 2022, Pelatih Kroasia Terkesima dengan Kiprah Maroko

oleh Aryo Atmaja diperbarui 17 Des 2022, 09:00 WIB
Pemain Timnas Maroko, Youssef En-Nesyri (tengah) bersama rekan setim merayakan gol yang dicetak ke gawang Timnas Portugal dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Bola.com, Doha - Kroasia akan ditantang Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Sabtu (17/12/2022) malam WIB. Sebelum pertandingan, pelatih Kroasia, Zlatko Dalic mengaku kagum dengan kiprah calon lawannya.

Timnas Kroasia berstatus runner-up Piala Dunia edisi 2018, gagal mengulangi perjalanan kali ini. Mereka dilibas Argentina 0-3 pada babak semifinal, Rabu (14/12/2022).

Advertisement

Sementara Maroko melakoni pencapaian fantastis dengan melaju hinga semifinal, sebelum dihentikan juara bertahan Prancis 0-2, Kamis (15/12/2022).

Kroasia dan Maroko sebelumnya sudah pernah berjumpa pada Piala Dunia 2022. Tepatnya di fase grup, namun kedua tim berbagi angka 0-0.

2 dari 5 halaman

Tim Penuh Kejutan

Pemain Kroasia Luka Modric (tengah) berebut bola dengan pemain Maroko Selim Amallah pada pertandingan sepak bola Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Rabu (23/11/2022). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Menurut Dalic, Maroko adalah kejutan paling indah di Piala Dunia. Tim berjulukan Singa Atlas itu mencatatkan sejarah sebagai tim Afrika pertama yang sampai ke semifinal Piala Dunia. Ditambah beberapa rekor pemainnya sebelum dibekuk Prancis.

"Tim nasional Maroko adalah kejutan terbaik dan terindah yang kami lihat di Piala Dunia, kita tahu ada tim-tim hebat yang bisa kita lihat menjadi yang terbaik, seperti Spanyol, Belanda, Inggris, dan Italia, yang tidak lolos," beber Zlatko Dalic dilansir dari SNRT.

 "Semua tim ini tidak mencapai setengah dari pencapaian yang diraih Maroko. Karena itu, Piala Dunia ini spesial dan unik," kata Dalic menambahkan.

3 dari 5 halaman

Layak Melaju Jauh

Pemain Timnas Maroko, Youssef En-Nesyri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan setim usai mencetak gol ke gawang Timnas Portugal dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Martin Meissner)

Pujian tersebut tidak berhenti sampai di situ. Di mata Dalic, Singa Atlas membuktikan mereka memiliki nilai, keberanian, dan prestasi. Hal itu bisa dillihat permainan Maroko yang enak ditonton hingga membuat tim sekelas Spanyol dan Portugal dibuat tak berdaya.

"Karena itu pantas untuk maju dan mencapai posisi ini, dan saya yakin itu akan menjadi lawan yang signifikan di depan kami," lanjut Dalic.

4 dari 5 halaman

Tetap All-out

Josko Gvardiol. Bek tengah Kroasia berusia 20 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 membela RB Leipzig ini merupakan produk asli Akademi Dinamo Zagreb yang mulai menghuni akademi sejak 2010/2011. Tampil reguler bersama RB Leipzig sejak 2021/2022, ia kemudian dilirik pelatih Timnas Kroasia Zlatko Dalic untuk menghuni skuad Kroasia ke Piala Dunia 2022. Sejauh ini ia selalu tampil penuh dalam dua laga Kroasia di fase grup Piala Dunia 2022. (The Canadian Press via AP/Nathan Denette)

Meski hanya sekadar perebutan peringkat ketiga, Dalic yakin pertandingan nanti akan luar biasa. Kroasia juga bertekad mengalahkan Maroko setelah kedua tim harus puas berbagi angka 0-0 di fase grup.

"Kami juga akan bersaing memenangkan tempat ketiga. Kami sangat menghormati tim Maroko," tegas Zlatko Dalic.

Sumber: SNRT

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 - Kroasia Vs Maroko (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022

  • Kroasia Vs Maroko
  • Venue: Stadion Khalifa International Stadium
  • Sabtu, 17 Desember 2022
  • Kick-off: 22.00 WIB
  • Live: SCTV, Vidio, Indosiar, dan Nex Parabola

Berita Terkait