Foto: Cedera Kambuh, Rafael Nadal Say Goodbye dari Australia Open 2023

oleh Hendriyan diperbarui 19 Jan 2023, 22:02 WIB
Juara bertahan nomor tunggal putra, Rafael Nadal asal Spanyol harus terhenti langkahnya di babak kedua turnamen tenis Australia Open 2023 setelah menyerah tiga set langsung dari petenis Amerika Serikat berperingkat 65 dunia, Mackenzie McDonald di Rod Laver Arena, Rabu (18/1/2023) WIB. (AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)
Rafael Nadal gagal mempertahankan gelarnya pada seri Grand Slam pertama tahun ini, Australia Open 2023 setelah kalah 4-6, 4-6 dan 5-7 dari petenis Amerika Serikat, Mackenzie McDonald. (AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)
Rafael Nadal yang sempat mendapat perawatan dari tim medis diyakini kembali mengalami cedera setelah tampil kurang meyakinkan sejak set pertama. (AP Photo/Dita Alangkara)
Namun Rafael Nadal tetap berusaha melanjutkan pertandingan dan pantang untuk menyerah, apalagi ia menyandang status sebagai juara bertahan. (AP Photo/Dita Alangkara)
Semangat pantang menyerah menjadi senjatanya untuk dapat bertahan di lapangan. Meski akhirnya harus mengakiri laga dengan kekalahan tanpa raihan satu set pun, Rafael Nadal telah membuktikan komitmennya, lebih baik kalah dari pada menyerah. (AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)
Kekalahan Rafael Nadal yang berstatus juara bertahan pada babak kedua Australia Open 2023 menjadi kekalahan tercepat bagi seorang juara bertahan di ajang Australia Open dalam 7 tahun terakhir. (AP Photo/Dita Alangkara)
Novak Djokovic menjadi petenis tunggal putra terakhir berstatus juara bertahan yang tersingkir paling cepat dan gagal mempertahankan gelarnya. Setelah menjuarai Australia Open 2016, Novak Djokovic tersingkir pada babak kedua Australia Open 2017 dari petenis asal Uzbekistan, Denis Istomin. (AFP/Saeed Khan)