Perbandingan Kekayaan Sir Jim Ratcliffe Calon Pembeli MU Vs Pemilik Man City dan Newcastle

oleh Suharno diperbarui 23 Jan 2023, 19:10 WIB
Dilansir dari Manchester Evening, Ratcliffe merupakan pemilik klub Liga Prancis, OGC Nice sebelum kabar tentang keinginnanya membeli klub yang berjuluk Setan Merah tersebut mencuat. (AFP/Valery Hache)

Bola.com, Jakarta - Orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe, ingin membeli Manchester United (MU). Kabar itu beredar setelah Keluarga Glazer berniat menjual klub raksasa Inggris ini.

Lalu siapakah sebenarnya Ratcliffe dan berapakah kekayaannya? Serta seberapa besar peluang Ratcliffe mendapatkan Manchester United?

Advertisement

Ratcliffe yang masuk dalam daftar orang terkaya Inggris mengaku sebagai pendukung Setan Merah sejak dahulu hingga sekarang. Hal tersebut yang membuatnya ingin mengambil alih MU.

Sir Jim Ratcliffe juga mengaku telah melakukan negosiasi dengan Keluarga Glazer. "Kami telah secara resmi menempatkan diri ke dalam proses pembelian MU," kata juru bicara sang miliarder kepada Times.

 

2 dari 5 halaman

Bisnis Ratcliffe

Sebagaimana diketahui, penjualan saham Glazer ini tampaknya merupakan respons dari pemilik klub atas desakan para penggemar Manchester United. Para penggemar Setan Merah sendiri kini tengah melancarkan aksi protes dengan mengancam akan mengosongkan Old Trafford pada laga kontra Liverpool nanti. (AFP/Valery Hache)

Ratcliffe mendapatkan kekayaan pribadi yang sangat besar dari perusahaannya, Ineos, dan berbagai investasi lainnya. Dia juga melakukan investasi di klub Ligue 1 Nice dan saham waralaba di salah satu tim Formula Satu Mercedes.

Dari sejumlah bisnisnya ini, pria yang berusia 70 tahun itu mengumpulkan pundi-pundi poundsterling yang fantastis. Ratcliffe memiliki kekayaan bersih yang dilaporkan sekitar 12,6 miliar poundsterling atau sekitar Rp235 triliun.

 

3 dari 5 halaman

Peringkat Kekayaan Pemilik Klub Premier League

Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Dengan kekayaan tersebut, Ratcliffe bisa berada di posisi lima besar pemilik klub terkaya di Premier League. Bahkan dia, bisa menembus posisi ketiga.

Di posisi kedua ada bos Manchester City, Sheikh Mansour, dengan 24,4 miliar pounds. Dana Investasi Publik Arab Saudi yang menaungi Newcastle berada di posisi pertama dengan 430 miliar pounds atau lebih dari Rp8.000 triliun.

 

4 dari 5 halaman

Pernah Dekati Chelsea

Sebelum berniat membeli Manchester United, Ratcliffe pernah tertarik mengambil alih Chelsea. Namun upaya Ratcliffe kalah dari konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly, Hansjorg Wyss, dan Mark Walter, yang kekayaan gabungannya diperkirakan sebesar 12 miliar pounds.

Kekayaan Todd Boehly dan kawan-kawannya ini berada di posisi keempat. Di posisi kelima ada bos Arsenal, Stan Kroenke yang memiliki 10,5 miliar pounds.

Sumber: Daily Star

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

 

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait