9 Pemain dengan Jasa Besar Bawa MU Juara Carabao Cup: Tak Ada David De Gea, Adanya Tom Heaton!

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 27 Feb 2023, 11:30 WIB
Pemain Manchester United atau MU Bruno Fernandes (kanan tengah) dan Harry Maguire merayakan trofi juara Carabao Cup 2022/2023 usai kalahkan Newcastle United pada partai final di Stadion Wembley, Senin dini hari WIB (27/2/2023). Keberhasilan ini menuntaskan puasa trofi terpanjang Setan Merah. (AP Photo/Alastair Grant)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) menjuarai Carabao Cup 2022/2023 setelah menang 2-0 atas Newcastle United dalam laga final yang digelar di Wembley, Senin (27/2/2023) dini hari WIB. Namun, keberhasilan MU tak hanya dibuat oleh pemain yang turun dalam laga puncak di Wembley.

Dalam laga final yang digelar di Wembley, laga antara MU dan Newcastle United berjalan cukup sengit. The Magpies pun memperlihatkan performa yang baik untuk memberikan perlawanan kepada The Red Devils.

Advertisement

MU memenangkan laga dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan The Red Devils dicetak oleh Casemiro pada menit ke-33 dan Marcus Rashford pada menit ke-39.

Bagi MU ini adalah trofi pertama sejak 2017. Jadi walau hanya trofi Carabao Cup, ini adalah gelar juara yang penting. Apalagi ini merupakan trofi pertama yang diraih The Red Devils pada era Erik ten Hag.

Berikut sejumlah pemain MU yang tampil menonjol di Carabao Cup 2022/2023, tak hanya di pertandingan final.

2 dari 12 halaman

Casemiro

Pemain Manchester United, Casemiro mengangkat trofi setelah memenangkan final Carabao Cup 2023 melawan Newcastle United yang berlangsung di Wembley Stadium, Minggu (26/2/2023) waktu setempat. Casemiro mencetak gol pertama dalam pertandingan ini. (AFP/Adrian Dennis)

Casemiro memberi dampak besar bagi Manchester United musim 2022/2023. Dia selalu bermain pada enam laga MU di Carabao Cup, dua kali sebagai pengganti. Dari enam laga itu, Casemiro membuat satu gol dan dua assist.

Gol Casemiro tercipta di final. Ini adalah gol yang sangat menentukan karena jadi gol pembuka Setan Merah.

Casemiro adalah pemain paling banyak melakukan upaya tekel (19 kali, 14 sukses). Namun, Casemiro bukan hanya soal mematahkan serangan lawan.

Casemiro membuat enam umpan kunci, hanya kalah dari Bruno Fernandes dan Christian Eriksen.

3 dari 12 halaman

Fred

Pemain Manchester United, Fred melakukan selebrasi setelah mencetak gol bersama rekannya, Marcus Rashford pada laga leg kedua Semifinal Carabao Cup 2022/2023 melawan Nottingham Forest di Old Trafford, Manchester, Kamis (02/02/2023) WIB. MU Menang dengan skor 2-0 dan melaju ke babak final Carabao Cup 2022/2023 melawan Newcastle. (AFP/Paul Ellis)

Fred ibarat 'unsung hero' bagi MU di Carabao Cup. Fred tak pernah menjadi sorotan utama. Dia kalah pamor dari Casemiro dan Christian Eriksen. Namun, kontribusi Fred sangat besar untuk tim.

Fred selalu bermain pada enam laga United di Carabao Cup. Fred empat kali jadi pemain inti, dua kali pengganti, dan bermain selama 305 menit. Fred mencetak satu gol dan assist dari enam laga itu.

4 dari 12 halaman

Christian Eriksen

Gelandang Manchester United Christian Eriksen merayakan golnya ke gawang Burnley pada babak 16 besar Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis, 22 Desember 2022. MU menang 2-1. (AP Photo / Dave Thompson)

Christian Eriksen tak boleh dicoret dari daftar pemain yang berjasa membawa Manchester United (MU) juara Carabao Cup.

Eriksen absen pada dua laga terakhir United di Carabao Cup karena cedera. Namun, pada empat laga sebelumnya, Eriksen selalu bermain dan memberi kontribusi besar. Eriksen menjadi pusat permainan United.

Eriksen mencetak satu gol ketika United menang 2-0 lawan Burnley. Namun, bukan itu kontribusi besar Eriksen.

Walau hanya empat kali bermain, Eriksen menjadi pemain kedua United yang paling banyak melepas umpan kunci. Hanya kalah dari Bruno Fernandes.

5 dari 12 halaman

Antony

Antony. Sayap kanan Brasil berusia 22 tahun ini menjadi pemain termahal kedua dalam Derby Manchester edisi terbaru. Antony baru didatangkan Manchester United pada awal musim 2022/2023 dari Ajax Amsterdam dengan nilai transfer 95 juta euro atau kini setara Rp1,5 triliun. Dalam Derby Manchester di Liga Inggris ia baru menjalani debutnya saat MU kalah 3-6 di pertemuan pertama musim ini di mana ia menyumbang satu gol bagi Setan Merah. (AFP/Oli Scarff)

Antony menunjukkan performa yang apik di laga final. Namun, itu hanya satu lima laga yang dimainkan Antony pada ajang Carabao Cup 2022/2023.

Dari sisi statistik, Antony terlihat tak cukup bagus. Pemain asal Brasil itu hanya mencetak satu gol dan tak membuat assist pada lima laga Carabao Cup. Namun, ada aspek lain yang perlu dilihat.

Antony adalah pemain paling sering melepas tembakan (12) setelah Rashford dan Fernandes.

6 dari 12 halaman

Aaron Wan-Bissaka

Penyerang Newcastle United Allan Saint-Maximin berebut bola dengan bek Manchester United (MU) Aaron Wan-Bissaka pada partai final Carabao Cup 2022/2023 di Stadion Wembley, Senin dini hari WIB (27/2/2023). MU tampil tangguh untuk membekuk Newcastle dengan skor meyakinkan 2-0 dan menjadi juara Carabao Cup 2022-2023. (AP Photo/Scott Heppell)

Wan-Bissaka menunjukkan konsistensi yang luar biasa di Carabao Cup. Bisa dibilang, Carabao Cup menjadi momen pembuktian bagi Wan-Bissaka setelah sempat diragukan bakal masuk skema Erik ten Hag pada awal musim.

Wan-Bissaka bermain sebanyak lima kali, dua kali jadi pemain pengganti. Dalam laga final, Wan-Bissaka tampil sebagai pemain pengganti dan memberi perubahan yang signifikan.

Wan-Bissaka melepas tujuh tekel dan tak pernah dilewati pemain lawan. Wan-Bissaka menjadi pemain United paling banyak melepas tekel di Carabao Cup (16), unggul dari Casemiro.

7 dari 12 halaman

Bruno Fernandes

Pemain Manchester United, David De Gea (kiri) dan Bruno Fernandes berpose bersama trofi Carabao Cup 2023 setelah mengalahkan Newcastle United di Wembley Stadium, Minggu (26/2/2023) waktu setempat. (AFP/Glyn Kirk)

Bruno Fernandes hanya sekali absen dari enam laga Manchester United di Carabao Cup 2022/2023. Setiap kali masuk starting XI, Fernandes tercatat selalu bermain penuh.

Dari lima laga tersebut, Fernandes mampu mencetak dua gol dan satu assist. Dalam hal jumlah gol, Fernandes hanya kalah dari Rashford yang menjadi pencetak gol terbanyak Setan Merah.

Whoscored memberikan rating 7,71 untuk penampilan Fernandes di Carabao Cup.

8 dari 12 halaman

Marcus Rashford

Ekspresi pemain Manchester United, Marcus Rashford setelah gagal menjebol gawang Leeds United dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Old Trafford, Rabu (8/2/2023). Penyerang Inggris dengan nilai 60 juta euro itu telah bersama MU sepanjang hidupnya tetapi ia bisa pergi sebagai agen bebas jika kontraknya tidak diperpanjang sebelum Juni 2023. (AFP/Oli Scarff)

Rashford adalah pemain terbaik United di Carabao Cup. Sebab, kontribusi pemain 25 tahun sangat besar. Rashford tak pernah absen dari enam laga yang dimainkan Setan Merah, empat kali pemain inti dan dua kali jadi pengganti.

Dari enam laga tersebut, Rashford mampu mencetak enam gol. Salah satunya tercipta di final. Selain itu, Rashford juga membuat dua assist untuk United. Jadi, kontribusi Rashford sangat besar.

Rashford hanya sekali gagal bikin gol dari enam laga di Carabao Cup yakni pada leg kedua babak semifinal melawan Nottingham.

9 dari 12 halaman

Tom Heaton

Tom Heaton. Kiper berusia 36 tahun ini kembali memperkuat Manchester United usai didatangkan secara gratis dari Aston Villa pada awal musim 2021/2022. Ia sejatinya juga produk Akademi MU yang dipromosikan ke tim senior pada awal musim 2004/2005. Namun karena tak mampu menembus skuad utama ia akhirnya lebih banyak dipinjamkan ke beberapa klub hingga akhirnya dilepas gratis ke Cardiff City sejak awal musim 2010/2011. (AFP/Manan Vatsyayana)

Tom Heaton mungkin bukan nama populer di skuad United. Kiper 36 tahun juga tidak bermain pada laga final. Namun, Heaton punya kontribusi yang penting untuk Setan Merah.

Heaton memainkan dua laga di Carabao Cup 2022/2023. Dua laga itu adalah lawan Charlton pada babak perempat final dan lawan Nottingham pada leg kedua babak semifinal. Pada dua laga itu, Heaton tak pernah kebobolan.

Heaton menunjukkan performa yang cukup bagus. Dia sekaligus memberi waktu istirahat untuk David de Gea yang selalu jadi pilihan utama di laga Premier League dan Liga Europa.

10 dari 12 halaman

Lisandro Martinez

Bek Manchester United atau MU Lisandro Martinez merayakan trofi juara Carabao Cup 2022/2023 pada partai final di Stadion Wembley, Senin dini hari WIB (27/2/2023). Dua gol yang yang memupus catatan enam tahun MU puasa gelar setelah terakhir menjuarai Liga Europa 2016/2017 diciptakan Casemiro dan Marcus Rashford. (AP Photo/Alastair Grant)

Bek asal Argentina menjadi pemain yang sangat penting untuk Manchester United. Dia hampir tak pernah absen, kecuali cedera atau akumulasi kartu. Dalam ajang Carabao Cup, Martinez memainkan empat laga.

Martinez membuat pertahanan United jadi sangat solid. Statistik menunjukkan bahwa United selalu nirbobol ketika Martinez ada di lapangan. Performa pemain asal Argentina pada laga final juga sangat mengagumkan.

11 dari 12 halaman

Rekap Hasil Manchester United di Carabao Cup

Pemain Manchester United merayakan kemenangan dengan mengangkat trofi Carabao Cup 2023 setelah mengalahkan Newcastle United di Wembley Stadium, Minggu (26/2/2023) waktu setempat. Kemenangan ini sekaligus mengakhiri enam tahun puasa gelar. (AFP/Glyn Kirk)

 

  • 11/11/22 Manchester United 4 - 2 Aston Villa
  • 22/12/22 Manchester United 2 - 0 Burnley
  • 11/01/23 Manchester United 3 - 0 Charlton
  • 26/01/23 Nottingham Forest 0 - 3 Manchester United
  • 02/02/23 Manchester United 2 - 0 Nottingham Forest
  • 26/02/23 Manchester United 2 - 0 Newcastle United
12 dari 12 halaman

Posisi MU di Premier League saat Ini

Berita Terkait