Liga Italia: Masuk Ruang Ganti Wasit dan Bersikap Kasar, Jose Mourinho Kena Sanksi Berat

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 02 Mar 2023, 09:30 WIB
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho saat menghadapi Hellas Verona dalam laga pekan ke-23 Liga Italia 2022/2023 di Olimpic Stadium, Roma, Italia (19/2/2023). (LaPresse via AP Photo/Alfredo Falcone)

Bola.com, Jakarta - Pelatih AS Roma Jose Mourinho mendapatkan larangan untuk hadir pada dua pertandingan karena memasuki ruang ganti wasit dan bersikap kasar.

Manajer asal Portugal itu dikeluarkan dari lapangan untuk ketiga kalinya musim ini setelah pertengkaran dengan ofisial keempat Marco Serra pada menit-menit awal babak kedua pertandingan Serie A antara AS Roma versus Cremonese, di mana mereka tertinggal 0-1.

Advertisement

AS Roma berhasil menyamakan kedudukan dari Leonardo Spinazzola, namun pada akhirnya kalah 1-2 setelah Daniel Cofani mengonversi tendangan penalti pada menit ke-83 untuk memberi Cremonese kemenangan liga kasta tertinggi Italia pertama mereka dalam 26 tahun.

Setelah pertandingan, Jose Mourinho menyerbu ke ruang wasit dan bertindak kasar yang membuat Giudice Sportivo melarangnya untuk dua pertandingan Serie A berikutnya dan memberikan denda sebesar 10 ribu euro atau setara Rp163 juta.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi

Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal berusia 59 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 membesut AS Roma ini menempati posisi ketiga sebagai pelatih dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah. Real Madrid rela mengeluarkan biaya sebesar 16 juta euro atau kini setara Rp241 miliar untuk mendatangkannya dari Inter Milan pada awal musim 2010/2011. Real Madrid membajaknya dari Inter Milan usai sukses merebut treble winners di musim 2009/2010. Bersama Real Madrid, ia mampu mempersembahkan 3 trofi juara, Copa del Rey 2010/2011, La Liga 2011/2012 dan Supercopa Spanyol 2012. (AFP/Javier Soriano)

Siaran pers resmi dari Serie A mengonfirmasi alasan hukuman Mourinho. Hanya saja, tidak diketahui secra pasti apakah ada kekerasan yang melibatkan fisik atau tidak.

"Jose Mourinho dihukum karena telah menentang keputusan wasit dengan cara yang kuat dan provokatif pada menit kedua babak kedua dan mengulangi perilaku ini saat diusir," bunyi pernyataan itu.

"Selain itu, dia memasuki ruang ganti wasit dan berbicara kepada ofisial keempat dengan ekspresi dan siakp yang sangat ofensif pada akhir pertandingan."

3 dari 4 halaman

Apa Kata Mourinho?

Hasil positif tersebut membuat pelatih AS Roma Jose Mourinho memiliki keyakinan tinggi terhadap komposisi skuatnya yang segera berlaga di Liga Italia musim 2022/2023 yang akan dimulai minggu depan. (AFP/Isabella Bonotto)

Dinukil dari Goal International, Jose Mourinho mempertanyakan integritas Serra dalam konferensi pers pascapertandingan dan menuduhnya menguntungkan Juventus.

Mourinho bahkan menuduh bahwa pejabat itu berbicara kepadanya dengan cara yang tidak menyenangkan, yang memicu reaksi marahnya.

Sebagai akibat dari larangan tersebut, Mourinho tidak bisa menemani timnya untuk dua pertandingan Serie A berikutnya melawan Juventus dan Sassuolo.

Sumber: Goal International

4 dari 4 halaman

Posisi AS Roma saat Ini

Berita Terkait