Plus Minus Cedera Neymar di Mata Pelatih PSG: Permainan Lebih Hidup, tetapi Tidak Lebih Baik

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 08 Mar 2023, 13:15 WIB
Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Neymar, terbaring saat cedera setelah berebut bola dengan pemain Lille, Benjamin Andre, pada laga Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Minggu (19/2/2023). Neymar pun terpaksa ditarik keluar lapangan sembari menangis karena kesakitan. (AFP/Frank Fife)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Christophe Galtier, menyebut serangan tim asuhannya menjadi lebih seimbang ketika tanpa Neymar. Namun, ia membantah jika timnya disebut menjadi lebih kuat ketika pemain asal Brasil itu menepi.

Jelang bertandang ke markas Bayern Munchen untuk leg kedua 16 besar Liga Champions 2022/2023 yang digelar Kamis (9/3/2023) dini hari WIB, PSG mengonfirmasi bahwa Neymar harus absen dalam sisa musim ini setelah menjalani operasi pergelangan kaki.

Advertisement

Pemain Brasil itu sudah berkontribusi terhadap terciptanya 34 gol PSG pada musim ini, hanya kalah dari rekan setimnya, Kylian Mbappe yang mencetak 37 gol dan Erling Haaland yang mencetak 38 gol di jajaran pemain di lima liga top Eropa.

Terlepas dari angka-angka mengesankan yang ditorehkan Neymar, mantan penyerang Timnas Prancis, Christohe Dugarry, mengatakan senang pemain itu mengalami cedera karena Mbappe dan Lionel Messi bekerja lebih baik sebagai tandem dan lini depan terlihat lebih hidup.

 
2 dari 5 halaman

Polemik Cedera neymar

Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Neymar, meringis kesakitan saat ditandu keluar lapangan setelah mengalami cedera pada laga Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Minggu (19/2/2023). Neymar mengalami cedera pergelangan kaki setelah beradu dengan pemain Lille, Benjamin Andre. (AP Photo/Christophe Ena)

Sementra Galtier bukan berarti tidak setuju dengan penilaian tersebut. Pelatih kepala PSG itu tidak bisa memahami bagaimana pengaruh tidak adanya pemain yang telah mencetak 18 gol pada musim ini bisa menjadi hal yang positif.

"Saya telah membaca perdebatan seputar Neymar. Sangat disayangkan baginya dan menjadi kendala bagi tim," kata Galtier.

"Lihatlah gol dan assist yang dibuatnya pada musim ini. Ketika saya membaca bahwa itu bisa menjadi hal yang baik bagi kami, tidak! Sang pemain mengalami cedera serius," tegas pelatih PSG itu.

"Ia selalu bersikap profesional sejak saya berada di sini, meskipun ia mengalami masa-masa sulit setelah Piala Dunia," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Mengusung Misi Comeback

Kylian Mbappe beraksi dalam laga PSG versus Bayern Munchen pada 16 besar Liga Champions 2022/2023 di Parc des Princes, Rabu (5/2/2023) dini hari WIB. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)

PSG bertandang ke Allianz Arena dengan target membalikkan ketertinggalan 0-1 dari leg pertama yang digelar di Paris pada Februari 2023. Saat itu Bayern mencuri kemenangan berkat gol Kingsley Coman pada menit ke-53.

Dalam enam kesempatan sebelumnya, Les Parisiens kalah di leg pertama babak sistem gugur Liga Champions, mereka hanya sekali melaju - melawan Borussia Dortmund pada musim 2019-2020.

"Apakah tim lebih seimbang? Ya, tetapi apakah lebih baik seperti itu? Memiliki Neymar dalam skuad adalah aset tambahan bagi kami untuk mencetak gol," tegas Galtier.

 

4 dari 5 halaman

Mengandalkan Kylian Mbappe

Kylian Mbappe dari PSG engikuti sesi latihan di Munich, Jerman, Selasa (7/3/2023). Di Allianz Arena, PSG wajib menang setidaknya dua gol jika ingin lolos ke perempat final Liga Champions.(AP Photo/Matthias Schrader)

PSG mungkin tidak akan diperkuat Neymar dalam lawatan ke Allianz Arena, namun Kylian Mbappe telah kembali bugar dan tajam sejak kembali dari cedera betis di leg pertama.

Penyerang asal Prancis itu telah mencetak gol dalam dua laga tandang Liga Champions sebelumnya di markas Bayern, dan rekan setimnya, Marco Verratti, berharap Mbappe dapat membuktikan perbedaannya dalam pertemuan terakhir ini.

"Dalam pertandingan seperti ini, kami membutuhkan semua orang. Mbappe adalah pemain yang selalu hadir dalam pertandingan besar," kata Verratti.

Sumber: FotMob

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan, published 8/3/2023)

5 dari 5 halaman

Jadwal Bayern Munchen vs PSG

Liga Champions - Bayern Munchen vs PSG (Bola.com/Decika Fatmawaty)

Bayern Munchen vs PSG

  • Stadion: Allianz Arena
  • Kamis, 9 Maret 2023
  • Kick-off: 03.00 WIB
  • Live: SCTV
  • Live Streaming: Vidio

Berita Terkait