BRI Liga 1: Tak Ada Laga Tunda dan Momen Awal Ramadan, Skuad PSS Libur Sepekan

oleh Ana Dewi diperbarui 23 Mar 2023, 04:04 WIB
Selebrasi para pemain PSS Sleman saat membobol gawang Borneo FC pada pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023. (Dok. PSS Sleman)

Bola.com, Sleman - PSS Sleman memutuskan meliburkan skuadnya pada awal Ramadan. Jeda libur diberikan hingga sepekan ke depan. Skuad berjulukan Super Elang Jawa itu sudah diliburkan sejak Minggu (19/3/2023).

Program latihan akan dilanjutkan pada Senin (27/3/2023) mendatang. Langkah ini dilakukan untuk menghormati para pemain yang menjalankan ibadah puasa. Plus jeda menuju pertandingan berikutnya juga cukup panjang.

Advertisement

PSS Sleman telah merampungkan laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023 kontra Borneo FC pada Sabtu, 18 Maret lalu. Sementara tim baru akan kembali bertanding melawan PSIS Semarang pada Minggu (2/4/2023).

"Penggawa PSS Sleman mendapat waktu libur di awal bulan Ramadan. Jihad Ayoub dan rekan-rekan dijadwalkan akan berkumpul dan berlatih kembali hari Senin (27/3) awal pekan depan," tulis PSS Sleman via akun Instagram-nya, Rabu (22/3/2023).

Saat ini, mayoritas pemain PSS Sleman memilih pulang kampung. Sedangkan beberapa pemain seperti Saddam Emiruddin Gaffar, dan Hokki Caraka memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Begitupun Jonathan Cantillana yang memperkuat Timnas Palestina.

 
2 dari 4 halaman

Tidak Masalah

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, saat memberikan pengarahan setelah sesi latihan timnya beakhir. (Dok. PSS)

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi melakukan penyesuaian jadwal saat BRI Liga 1 memasuki Ramadan. Nantinya seluruh pertandingan akan dimainkan pada malam hari pukul 20:30.

Soal perubahan jadwal tersebut pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, mengaku tidak ada masalah.

"Kalau main malam ya enggak masalah karena dulu pernah main malam. Cuma yang menjadi kendala setelah buka puasa selang beberapa waktu harus main, nah ini yang menjadi masalah nanti," ungkap Seto Nurdiyantoro.

"Untuk jadwal puasa kami lihat nanti, kalau bisa latihan malam ya kami latihan malam. Kalau enggak, ya pokoknya kami menyesuaikan saja," lanjutnya.

Satu hal yang pasti, sesi latihan akan disesuaikan selama Ramadan. Mayoritas pemain berpuasa, intensitas latihan tentu akan sedikit diturunkan.

 

3 dari 4 halaman

Posisi PSS

PSS Sleman Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

PSS Sleman sedang dalam periode buruk di BRI Liga 1 2022/2023. Saat ini Laskar Sembada terperosok di papan bawah klasemen sementara. Mereka berada di peringkat 16 dengan koleksi 31 poin dari 31 pertandingan.

Super Elang Jawa ada di atas Barito Putera (31 poin) dan RANS Nusantara FC (18 poin) yang ada di posisi 18.

Bagus Nirwanto dkk. baru saja memutus rentetan hasil minor di pentas BRI Liga 1. Kemenangan 2-1 atas Borneo FC pada pekan lalu mengakhiri paceklik kemenangan mereka dalam tujuh laga beruntun.

"Semoga hasil kemenangan lawan Borneo FC bisa menjadi motivasi kami di sisa pertandingan yang ada dan kami bisa berikan yang terbaik," harap penyerang PSS Sleman, Ricky Cawor.

"Kami lebih termotivasi karena di tujuh laga kalah. Kami juga main di rumah sendiri, banyak suporter dan coach dalam beberapa hari memperbaiki kekurangan pemain karena itu kami bisa main lebih baik dan menang," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1