Liga Inggris: Julian Nagelsmann Jadi Kandidat Kuat Pengganti Graham Potter di Chelsea

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 03 Apr 2023, 08:00 WIB
Pelatih Bayern Munchen, Julian Nagelsmann jelang menghadapi Bayer Leverkusen pada laga Liga Jerman 2022/2023 di Leverkusen (19/3/2023). Julian Nagelsmann yang menjabat pelatih Bayern Munchen sejak awal musim 2021/2022 dan mampu mempersembahkan gelar Bundesliga pada musim pertamanya, nyatanya dipecat pada 24 Maret 2023 setelah keretakan hubungannya dengan manajemen klub dan beberapa pemain senior. (AFP/Ina Fassbender)

Bola.com, London - Mantan pelatih Bayern Munchen, Julian Nagelsmann, menjadi kandidat kuat pengganti Graham Potter sebagai manajer baru Chelsea untuk Premier League 2022/2023.

Kesabaran Chelsea terhadap Potter sudah habis. Tim berjulukan The Blues itu memutuskan untuk memecatnya buntut dari keterpurukan di musim ini.

Advertisement

Chelsea mengambil langkah untuk mendepak Potter setelah dipermalukan Aston Villa 0-2 dalam pekan ke-29 Premier League di Stamford Bridge, London, pada Sabtu (1/4/2023).

Hasil negatif itu bikin Chelsea terpuruk di posisi ke-11 klasemen sementara Premier League dengan perolehan 38 poin dari 28 pertandingan.

2 dari 5 halaman

Baru Gantikan Thomas Tuchel

Pelatih Chelsea, Graham Potter, merayakan kemenangan Leicester City pada laga pekan ke-27 Premier League di Stadion King Power, Sabtu (11/3/2023). Tiga poin di Premier League ini menjadi yang kedua secara beruntun buat tim berjulukan The Blues itu. Pada pekan lalu, Chelsea membekap Leeds United 1-0. (AP Photo/Rui Vieira)

Padahal, Chelsea baru saja mengangkat Potter dari Brighton & Hove Albion di awal musim ini. Arsitek berusia 47 tahun itu menggantikan Thomas Tuchel yang juga didepak The Blues.

Chelsea bahkan harus mengucurkan uang yang tidak sedikit untuk memboyong Potter. The Blues membayar Brighton & Hove Albion sebesar 21,5 juta pounds atau setara dengan Rp396 miliar.

Pakar transfer, Fabrizio Romano, mengabarkan bahwa Chelsea tertarik untuk merekrut Nagelsmann, yang juga habis ditendang Bayern Munchen.

3 dari 5 halaman

Masih Terikat Kontrak dengan Bayern Munchen

Julian Nagelsmann - Juru taktik asal Jerman ini juga masuk dalam jajaran pelatih muda. Meski baru berusia 34 tahun namun mantan pelatih RB Leipzig ini telah dipercaya menangani klub sebesar Bayern Munchen. (AFP/Christof Stache)

"Julian Nagelsmann menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Graham Potter sebagai manajer baru Chelsea," tulis Romano dalam akun Instagramnya, @fabriziorom.

Namun, Chelsea kemungkinan mesti merogoh kocek yang cukup dalam untuk merekrut Nagelsmann. Sebab, pelatih asal Jerman itu masih terikat kontrak dengan Bayern Munchen meski sudah tidak melatih lagi.

"Nagelsmann masih terikat kontrak dengan Bayern Munchen hingga 2026. Diperlukan persetujuan dari klub," imbuh Romano.

4 dari 5 halaman

Unggahan Fabrizio Romano

5 dari 5 halaman

Posisi Chelsea di Premier League

Berita Terkait