4 Gelandang Paling Ciamik di Liga Inggris Musim Ini, Nomor Satu No Debat

oleh Suharno diperbarui 30 Mei 2023, 16:49 WIB
Arsenal unggul tiga gol terlebih dahulu lewat aksi Martin Odegaard pada menit 18 dan 31 lalu Gabriel Jesus mencetak gol tambahan pada menit 34. Chelsea baru membalas di babak kedua melalui gol Noni Madueke pada menit 65. (AP Photo/Kin Cheung)

Bola.com, Jakarta - Ada perbedaan peran gelandang di masa lalu dan saat era sepak bola modern, termasuk di Liga Inggris. Pada masa lalu gelandang hanya diberi tugas untuk menstabilkan lini tengah untuk menguasai permainan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, tugas gelandang harus membantu serangan maupun bertahan. Bahkan di Liga Inggris dengan alur permainan yang lebih cepat dan kompetitif, tugas seorang gelandang makin kompleks.

Advertisement

Meski demikian, ada sejumlah gelandang di Premier League yang tampil sangat menonjol pada musim 2022/2023. Mereka tidak sekadar mengalirkan bola dari belakang ke depan, tetapi mampu menjadi jawaban ketika timnya mengalami kebuntuan.

Para gelandang di Premier League ini, harus tidak kenal lelah berlari di setiap area untuk menutup lubang yang kosong. Selain itu, mereka harus mampu berpikir cepat untuk mengeksplorasi dan membantu lini serang.

Berikut empat gelandang terbaik di Liga Inggris musim 2022/2023 ini. Tanpa basa-basi lagi, mari simak keempat gelandang tersebut.

 

2 dari 6 halaman

4. Alexis Mac Allister (Brighton & Hove Albion)

Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes berebut bola dengan gelandang Brighton & Hove Albion Alexis Mac Allister pada laga pekan ke-18 Liga Inggris di Old Trafford, Rabu dini hari WIB (16/2/2022). MU menang dengan skor meyakinkan 2-0. (AP Photo/Rui Vieira)

Ketika Anda berbicara tentang gelandang intuitif di Liga Inggris maka akan terlintas nama Alexis Mac Allister. Kecemerlangannya dalam menyerang telah membuatnya mencetak 10 gol dan dua assist dalam 35 penampilan di Premier League musim ini.

Allister mampu menciptakan tiga peluang dan memiliki akurasi umpan sebesar 87,4 persen, yang merupakan salah satu yang terbaik di  Liga Inggris. Penampilan yang mengesankan membuat Liverpool dan Manchester United tertarik mendapatkannya.

 

3 dari 6 halaman

3. Eberechi Eze (Crystal Palace)

Gelandang Crystal Palace, Eberechi Eze melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Sheffield United dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-17 di Selhurst Park, Sabtu (2/1/2021). Crystal Palace menang 2-0 atas Sheffield United. (AFP/Clive Rose/Pool)

Eze tidak boleh dianggap remeh di Premier League karena sangat kreatif dan lincah ketika membantu melakukan serangan. Pemain berpaspor Inggris itu telah membukukan 10 gol dan empat assist dalam 38 penampilan untuk Crystal Palace musim ini.

Eze juga telah menciptakan lima peluang besar dan kesuksesan umpannya sebesar 82,3 persen. Penampilannya yang hebat ini semakin layak diacungi jempol menginat Crystal Palace tidak konsisten musim ini.

 

4 dari 6 halaman

2. Martin Odegaard (Arsenal)

Martin Odegaard. Gelandang serang berusia 23 tahun ini kini tengah menjalani musim keduanya bersama Arsenal di Liga Inggris. Ia didatangkan pada awal musim 2021/2022 dari Real Madrid dengan nilai transfer 35 juta euro dan masih terikat kontrak hingga Juni 2025. Musim ini ia telah tampil dalam 7 laga di semua ajang dengan torehan 3 gol. Bersama Timnas Norwegia ia telah mengoleksi 43 caps dengan raihan 2 gol dan 8 assist sejak melakukan debut pada 27 Agustus 2014. (AFP/Glyn Kirk)

Pemain Norwegia itu adalah salah satu otak di balik kebangkitan Arsenal musim ini. Odegaard total mengemas 15 gol dan delapan assist dalam 37 penampilanmua untuk The Gunners di Liga Inggris musim ini.

Odegaard juga menciptakan 14 peluang besar bagi Gunners dan akurasi umpannya yakni 84 persen. Terlepas dari kegagalan Arsenal meraih gelar Premier League musim ini, Odegaard adalah gelandang istimewa di Liga Inggris.

 

5 dari 6 halaman

1. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Pemain Manchester City, Kevin De Bruyne memberikan tepuk tangan setelah laga Grup G Liga Champions 2022/2023 melawan Sevilla di Etihad Stadium, Manchester, 2 November 2022. De Bruyne bermain untuk Manchester City sejak tahun 2015 setelah diboyong dari Wolfsburg. Ia tercatat sebagai pemain Liga Inggris dengan gaji termahal saat ini, yaitu 425 ribu pounds per pekan. (AFP/Oli Scarff)

Pemain berpaspor Belgia saat ini adalah salah satu gelandang terbaik di dunia dengan kreativitasnya yang tidak ada duanya di Premier League. De Bruyne mencetak tujuh gol dan 18 assist dalam 32 laga. Ini merupakan jumlah assist tertinggi di Premier League musim ini.

De Bruyne juga menciptakan 31 peluang besar bagi City dan mencatat tingkat akurasi umpan sebesar 80,6 persen. Menariknya, De Bruyne selalu tampil konsisten selama beberapa tahun yang membuatnya lebih baik daripada beberapa gelandang manapun di Liga Inggris saat ini.

Sumber: SportsKeeda

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Akhir Tim Favoritmu

Berita Terkait