Liga Inggris: Jadi Starter Lagi Setelah 499 Hari, Emile Smith-Rowe Akui Sulitnya Bersaing di Arsenal

oleh Aryo Atmaja diperbarui 29 Sep 2023, 18:15 WIB
Emile Smith Rowe. Gelandang serang Inggris berusia 21 tahun yang memperkuat Arsenal sejak awal musim 2020/2021 usai dipromosikan dari tim U-23 ini mampu mencetak 10 gol dan 2 assist dari 33 laga di Liga Inggris selama musim 2021/2022. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, London - Menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh gelandang serang Arsenal, Emile Smith-Rowe saat melawan Brentford di ajang Carabao Cup 2023/2024, Kamis (28/9/2023) dini hari WIB.

Arsenal menang tipis 1-0 melalui gol Reiss Nelson ke gawang Brentford sekaligus membuat The Gunners melaju ke putaran IV. Tapi menjadi istimewa bagi seorang Smith-Rowe.

Advertisement

Sebab ia menandai aksinya sebagai starter alias tampil sejak menit pertama setelah penantian panjang. Smith-Rowe harus menunggu waktu selama 499 hari lamanya.

Situasinya menandakan begitu kesulitan dalam bersiang di skuad Arsenal. Kini ia berharap pelatih Mikel Arteta masih mempercayainya untuk laga-laga lain.

2 dari 5 halaman

Kemunculan Smith-Rowe

Emile Smith Rowe merupakan salah satu kunci kesuksesan Arsenal finis di posisi kelima Liga Inggris pada musim lalu. Ia tercatat mampu mencetak 11 gol dan 2 assist dalam 37 penampilan di semua kompetisi. Meskipun begitu, pemain berkebangsaan Inggris itu tercatat dalam pemain Big Six Liga Inggris dengan gaji rendah. Dilansir dari GiveMeSport, Smith Rowe mendapatkan 20 juta paun per pekan atau sekitar 360 juta rupiah per pekan. Itu merupakan gaji terendah bagi pemain senior di Arsenal. (AFP/Ian Kington)

Emile Smith Rowe pertama ali muncul pada akhir musim 2020. Lulusan akademi Arsenal menunjukkan bakat luar biasa di skuad Meriam London dan masuk ke tim utama dan menyudahi torehan 10 gol.

Namun semuanya menjadi gelap sepanjang musim lalu atau 2022/2023. Cedera membayanginya hingga membuat Rowe tak bermain sebagai starter, bahkan tidak mencetak gol sama sekali.

3 dari 5 halaman

Komentar Smith Rowe

Emile Smith Rowe menjadi salah satu pemain penting Arsenal dan telah mencapai performa terbaiknya pada musim ini. Sebagai playmaker, permainan passing dan link-up-nya sangat cocok dengan gaya permainan Arteta. Ia adalah pencetak gol terbanyak Arsenal di liga musim ini. (AFP/Glyn Kirk)

Emile Smith Rowe mengaku bahwa tidak mudah bersaing dalam mendapatkan tempat di tim inti Arsenal.

“Berada di klub besar seperti Arsenal, kami tahu ada begitu banyak persaingan,” ujarnya seperti dilansir dari Mirror, Jumat (29/9/2023).

"Ini akan selalu menjadi tantangan, akan selalu sulit untuk memperkuat tempat Anda di tim. Saya harus tetap percaya pada diri saya sendiri. Kembali dan belum cukup kembali ke tim, saya harus bertahan kuat di kepalaku dan berusaha untuk tetap positif semampuku.”

4 dari 5 halaman

Terima Kasih pada Arteta

Mikel Arteta. Pelatih Arsenal asal Spanyol yang kini berusia 40 tahun ini menjadi pelatih termuda di Liga Inggris musim 2022/2023. Ia mulai menangani Arsenal pada 22 Desember 2019 menggantikan posisi pelatih caretaker Arsenal saat itu, Freddie Ljungberg. Sebelumnya Mikel Arteta menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City sejak 3 Juli 2016. Hingga 8 laga pada musim 2022/2023 ini Arsenal dibawanya menduduki puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 21 poin dari hasil 7 kali menang dan 1 kali kalah. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Smith Rowe juga memuji manajernya Mikel Arteta atas perannya dalam proses pemulihan dan kepercayaan untuk kembali bermain. “Saya pikir pelatih sangat membantu saya dalam hal itu,” lanjut Smith Rowe

“Dia membantu saya melewati cedera saya dan sering mengajak saya ngobrol tentang bagaimana saya bisa menjadi lebih kuat secara mental, hal-hal seperti itu,” jelasnya.

Sumber: Mirror

5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Peringkat Arsenal saat Ini

Berita Terkait