Sukses


    Pembangunan Wisma Atlet Asian Games 2018 Dimulai Maret

    Bola.com, Jakarta - Pembangunan wisma atlet dan venue untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 bakal dimulai pada Maret tahun ini. Pembiayaaan awal pembangunan akan menggunakan dana dari APBN 2016 senilai Rp 1,4 triliun.

    Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, mengatakan pembangunan wisma atlet dan venue Asian Games 2018 menjadi tanggung jawab Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan masalah anggaran tanggung jawab Menteri Keuangan.

    Groundbreaking semua venue dan wisma atlet mulai Maret. OCA (Dewan Olimpiade Asia) mengatakan persiapan Indonesia untuk Asian Games 2018 memuaskan. Mereka yakin apa yang kita lakukan sudah sesuai standar OCA," kata Puan, seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua KOI Erick Thohir, di Istana Negara, Kamis (4/2/2016).

    “Tidak ada halangan berarti sampai saat ini. Semoga dalam implementasi bisa sesuai rencana,” imbuh putri Megawati Soekarnoputri tersebut.

    Sesuai arahan OCA, Indonesia juga harus memperbaiki master plan Asian Games 2018. Menurut Puan, hal itu menjadi tugas Kemenpora. Jika perbaikan selesai Instruksi Presiden (Inpres) terkait Asian Games bisa segera ditandatangani presiden.

    Penyempurnaan master plan antara lain menambahkan timeline pembangunan infrastruktur. Artinya harus ada kejelasan kapan pembangunan infrastruktur dimulai dan kapan rampung.   

    Terpisah, Menkeu mengaku masih menghitung kejelasan alokasi anggaran untuk pembangunan venue dan wisma atlet. Asia

    “Untuk pembangunan infrastruktur pakai dana yang ada dulu di APBN 2016 senilai Rp 1,4 triliun. Nanti dilihat juga APBN-P 2016 dan APBN 2017. Masih ada tiga periode anggaran yang bisa dipakai,” kata Menkeu.

    Video Populer

    Foto Populer