Sukses


    Mengulik Makna di Balik Logo dan Maskot Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Sayembara logo dan maskot anyar Asian Games 2018  resmi berakhir. Feat Studio dinobatkan sebagai pemenang sayembara yang digelar pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga berserta Badan Ekonomi Kreatif.

    Desain logo Asian Games 2018 menggambarkan sketsa grafis tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang dipadukan dengan sketsa delapan pintu stadion. Pada bagian tengah disusupi gambar matahari yang merupakan logo Asian Games.

    Secara keseluruhan logo Asian Games 2018 mencerminkan matahari sebagai sumber energi yang menyebar ke delapan jalur ke seluruh Asia melalui ajang Asian Games.

    "Desain logo tersebut menggambarkan konsep arsitektur Stadion Utama Senayan ketika awalnya dibangun. Ada suatu pesan penting yang ingin disampaikan oleh perancangnya," demikian pernyataan Kemenpora dalam situs resminya, Kamis (28/7/2016).

    Apapun produk bangunan masa lalu yang telah dibangun dan apalagi memiliki nilai monumental yang sangat tinggi, pada dasarnya dapat dimodifikasi konsep rancangan grafisnya sebagai suatu branding nasional yang indah, komprehensif dan dengan tata warna yang enak untuk dilihat dengan tema Keep The Dream Alive."

    Sementara itu, maskot Asian Games 2018 terdiri atas tiga satwa di Indonesia yaitu burung Cendrawasih yang diberi nama Bhin Bhin, badak bercula satu bernama Ika, dan Rusa Bawean yang mendapat nama Atung. Ketiga maskot ini mewakili Indonesia bagian timur (Bhin Bhin), Indonesia bagian barat (Ika), dan Indonesia bagian tengah (Atung)

    "Adapun maskotnya menggambarkan keragaman kekayaan hayati Indonesia dengan sentuhan seni yang modern tapi tetap dengan kearifan model budaya lokal yang unik," lanjut Kemenpora.

    Logo dan maskot anyar Asian Games 2018 ini menggantikan desain yang sebelumnya mendapat kritikan keras dari masyarakat. Logo dan maskot sebelumnya dinilai minim kreativitas dan tidak kekinian.

    Video Populer

    Foto Populer