Sukses


    Cabor Dikurangi, Target Indonesia di Asian Games Tetap 10 Besar

    Bola.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berharap Indonesia mampu meraih sukses prestasi sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Menurut Ketua Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018 itu, pemerintah menargetkan Indonesia menembus 10 besar.

    Pada Asian Games Incheon 2014, Indonesia menempati peringkat ke-17. Kala itu, Tim Merah-Putih mendulang 20 medali dengan perincian empat emas, lima perak, dan 11 perunggu.

    "Satlak Prima sudah melaporkan apa saja yang telah dilaksanakan berikut target-target. Mudah-mudahan pada Asian Games 2018 Indonesia bisa berada di posisi delapan sampai 10," kata Kalla kepada wartawan selepas memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

    "Memang untuk mencapai target tersebut dibutuhkan upaya dan kerja keras, latihan yang baik, dukungan sports science, dan juga anggaran yang cukup. Semoga semua bisa dijalankan dengan baik," ujar Kalla.

    Menpora Imam Nahrawi merasa target 10 besar masih realistis. Instruksi Wapres untuk mengurangi jumlah cabang olahraga dari 42 menjadi 37 demi efisiensi anggaran dinilai Menpora juga tak memengaruhi peluang Indonesia.

    "Pengurangan jumlah cabang olahraga tak mengubah ekspektasi kami untuk mencapai peringkat 8 sampai 10. Sebenarnya semakin banyak cabang olahraga justru mengurangi peluang Indonesia karena di antara 42 cabang olahraga tersebut ada beberapa yang bukan cabang unggulan Indonesia. Soal strategi mencapai target tersebut, itu nanti akan digodok Satlak Prima," ujar Imam.

    Sementara itu, Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto mengungkap empat langkah strategis yang akan dilakukan Prima untuk menyukseskan misi menembus 10 besar Asian Games 2018. Keempat program tersebut adalah manajemen pembinaan atlet, intensifikasi kepelatihan performa tinggi, intensifikasi manajemen prestasi Satlak Prima, dan menciptakan lingkungan keunggulan di sentra-sentra pelatnas.

    Menurut Achmad Soetjipto, untuk menembus peringkat 10 besar Asian Games 2018 Indonesia berupaya meraih 30 medali emas. Sebagai perbandingan, negara yang mempati peringkat 10 pada Asian Games Incheon 2014, Qatar, meraih 10 medali emas.

    Ada 16 cabang yang diproyeksikan menyumbang emas buat Indonesia pada Asian Games 2018. Beberapa di antaranya adalah atletik, panahan, bulutangkis, angkat besi, karate, dayung, menembak, sport climbing, selancar, taekwondo, dan voli pantai.

    Video Populer

    Foto Populer