Sukses


    Asian Games: Kemenpora Dilema Tentukan Cabor yang Dikurangi

    Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengaku pihaknya bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) saat ini masih melakukan pembahasan terkait cabang olahraga yang akan dikurangi pada Asian Games 2018. Menurut Imam, tak mudah memutuskan pengurangan cabor karena semuanya memiliki ekspektasi meraih medali pada pesta olahraga terbesar Asia itu.

    "Jadi, ada 30 olahraga Olimpiade yang dipertandingkan dan ini semua belum final. Saya harap semuanya bersabar karena menentukan mana enam cabor yang akan dikurangi itu tak mudah. Masing-masing memiliki ekspektasi besar meraih medali," kata Imam Nahrawi seusia menghadiri rapat intensif persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 di kantor Wakil Presiden, KamisĀ (30/3/2017).

    Wacana soal pengurangan cabor untuk Asian Games 2018 muncul atas usulan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Alasan efisiensi anggaran dan tidak menutup potensi medali Indonesia membuat JK berharap Asian Games nanti melombakan 36 cabor atau jumlah yang sama dengan Asian Games 2014.

    Jumlah tersebut menurun signifikan dari yang semula diinginkan Kemenpora, Satlak Prima, dan KOI yakni 42 cabor. Namun, cabor yang nantinya dicoret dijamin bukan cabor favorit potensi medali.

    Imam menjamin olahraga Olimpiade tidak akan mengalami pengurangan. Saat ini, pihaknya masih melakukan negosiasi dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) tentang cabor yang dikurangi untuk melakukan efisiensi anggaran.

    "Ada beberapa opsi yang akan dinegosiasikan dengan OCA terkait cabor. Yang pasti olahraga Olimpiade tak akan dikurangi di Asian Games karena jenjang ke Olimpiade. Saat ini, belum bisa kami sebutkan cabor apa saja dari enam itu yang dikurangi karna masih dalam proses," ujar Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu.

    Video Populer

    Foto Populer