Sukses


    Fictor Roring Ungkap Kriteria Ideal Pemain Naturalisasi

    Bola.com, Jakarta - Pelatih tim nasional basket Indonesia, Fictor Roring, menyambut positif rencana Perbasi yang ingin melakukan naturalisasi pemain. Menurut pelatih yang akrab disapa Ito, pemain naturalisasi sangat diperlukan tim nasional Indonesia yang bakal tampil pada ajang Asian Games 2018.

    Sejauh ini, Ito belum mendapat daftar pemain yang diincar Perbasi untuk dinaturalisasi. Rencananya Indonesia bakal mencari pemain berposisi center dari Amerika Serikat.

    "Asian Games levelnya sudah satu tingkat dari SEA Games. Tentu akan sangat berbahaya jika tidak memakai pemain naturalisasi," ujar Ito kepada Bola.com, Jumat (10/11/2017).

    "Saya akan pilh sendiri pemainnya setelah dapat daftarnya nanti. Saya ingin pemain yang tingginya lebih dari dua meter dan tidak boleh kurang," sambung mantan pemain Satria Muda tersebut.

    Indonesia saat ini telah memiliki tiga pemain yang telah dinaturalisasi yakni Ebrahim Enguio Lopez, Jamar Johnson, dan Anthony Hargrove Jr. Namun, menurut peraturan FIBA setiap tim nasional hanya diperbolehkan memakai satu pemain naturalisasi.

    Menurut Ito ini risiko yang harus diambil ketika Indonesia memutuskan mengambil pemain naturalisasi. Pelatih yang pernah menukangi tim nasional pada SEA Games 2015 itu bakal mempersiapkan pemain naturalisasi untuk jangka panjang.

    "Sebisa mungkin saya akan mencari yang kelahiran 1990 karena pemain ini tak hanya akan dipakai sekali. Setelah Asian Games juga masih ada SEA Games 2019 di Filipina," tutur Fictor Roring.

    Video Populer

    Foto Populer