Sukses


    Asian Games 2018: Atlet Panjang Tebing Bakal TC di Rusia

    Bola.com, Yogyakarta - Persiapan serius dilakukan Tim nasional panjat tebing Indonesia untuk menghadapi Asian Games 2018. Setelah melakukan pemusatan latihan intensif di Yogyakarta, para atlet panjat tebing nasional akan bertolak ke Kota Tyumen, Rusia, bulan ini. 

    Pelatih panjat tebing Indonesia, Caly Setyawan, mengatakan Rusia dipilih karena memiliki atlet-atlet panjat tebing dengan kemampuan merata, baik di nomor speed, lead maupun boulder. Pada nomor speed putri, Rusia memiliki Iuliia Kaplina, pemegang rekor dunia.

    Lalu pada nomor speed putra, Rusia juga memiliki atlet-atlet papan atas dunia seperti Aleksandre Shikov yang meraih emas Climbing World Cup di Wujiang, China, Oktober 2018.

    "Pemusatan latihan di Rusia berlangsung sekitar tiga pekan, sampai akhir bulan ini. Waktu tiga pekan itu akan kami maksimalkan untuk menempa performa atlet," kata Caly.

    Selain memili atlet panjat tebing kelas dunia, Tyumen dipilih karena memiliki suhu udara dingin dengan oksigen tipis sehingga bagus bagi atlet untuk meningkatkan VO2 Maks. Berada di Rusia bagian tengah, jarak Tyumen ke Moskow sekitar 1.700 km. Pada puncak musim dingin, suhu udara di Tyumen bisa mencapai minus (-) 50 derajat celcius.

    "Untuk memastikan emas, kami perlu pencapaian best time yang mendekati world record melalui peningkatan kemampuan teknik dan taktik. Best time ini sangat efektif dicapai dengan latih tanding secara nyata dengan lawan negara lain," ujar dia.

    Manajer Timnas Panjat Tebing, Pristiawan Buntoro, menambahkan TC di Rusia diikuti seluruh atlet timnas panjat tebing. Aspar Jaelolo, Rindi Sufriyanto, Sabri, M Hinayah, Pangeran Sapto, Abudzar Yulianto, Puji Lestari, Aries Susanti Rahayu, Salsabillah, Santi Welyanti dan Fitriyani diharapkan bisa meningkatkan kemampuan mereka. Satu atlet tidak mengikuti training camp adalah Dorifatus yang masih pemulihan cidera.

    Panjat tebing bakal menjadi salah satu cabang olahraga terbaru yang bakal diperlombakan pada Asian Games 2018. Sebelumnya panjat tebing hanya menjadi bagian dari Asian Indoor Games (AIG).

    Video Populer

    Foto Populer