Sukses


Asian Games: Menpora Yakin Panjat Tebing Sumbang Emas

Bola.com, Yogyakarta - Timnas panjat tebing Indonesia diyakini akan menyumbang medali emas pada ajang Asian Games 2018. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, setelah mengecek training center (TC) panjat tebing di kompleks Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (12/3/2018).

''Saya sangat optimistis sekali melihat persiapan ini. Target panjat tebing di Asian Games dua emas biasanya setelah dua emas itu jadi tiga, siapa tahu selanjutnya ada peningkatan,'' ungkap Imam Nahrawi.

Dia menilai peluang timnas panjat tebing Indonesia jadi lumbung emas terbuka lebar. Terlebih saat ini menjadi kesempatan langka, karena pada Asian Games ini para atlet bertanding di kandang sendiri dan akan didukung keluarga.

''Ini jadi modal berharga disamping kami lebih awal menggunakan venuenya di Palembang. Lalu kami punya pengalaman beberapa kali jadi juara. Pengalaman itu jadi modal besar serta ditunjang seriusnya pemerintah memenuhi kebutuhan atlet pelatnas dengan baik,'' ujar dia.

Imam menambahkan Indonesia menargetkan masuk peringkat 10 besar dengan beberapa nomor even yang berpeluang menyumbang emas. Selain panjat tebing, ada bulutangkis dan pencak silat yang diharapkan menjadi lumbung emas bagi kontingen tuan rumah.

''Tapi saya akan pantau terus nomor-nomor itu berupa latihannya dan persiapannya seperti apa, training camp dan try out seperti apa. Juni akan kami laporkan lagi kepastian target medali. Apalagi sekarang sudah tidak ada soal klasik yang terjadi di tahun sebelumnya. Pelatnas berjalan baik sekarang tinggal doa dan dukungan warga Indonesia kepada atlet,'' tukas Imam.

Sementara itu pelatih kepala, Caly Setyawan, menyebut persiapan para pemanjat Timnas Indonesia terus berjalan dengan baik. Catatan pemecahan rekor dunia sudah sering dilakukan para pemanjat dan diharapkan bisa terulang di ajang Asian Games 2018. 'Ada dua sesi try out terakhir di luar negeri untuk mengasah kemampuan anak-anak. Di Rusia dan China nanti yang akan kami maksimalkan,'' tegasnya. 

Video Populer

Foto Populer