Sukses


    Son Heung-min dan 2 Pemain Korsel Jebolan Piala Dunia 2018 Siap Tampil di Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Timnas Korea Selatan mengakhiri kiprah di Piala Dunia 2018 dengan menekuk sang juara bertahan, Jerman, di Kazan Arena, Kazan, Rabu malam WIB (27/6/2018). 

    Selepas kampanye di Piala Dunia 2018 berakhir, Timnas Korea Selatan dan rombongan dijadwalkan bertolak kembali ke Seoul dari markas mereka di Rusia, Saint Petersburg, pada Jumat (29/6/2018).

    Pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing. Beberapa pemain sudah memiliki agenda dengan klub asal, semisal kiper Cho Hyun-woo yang akan kembali membela Daegu FC melawan FC Seoul pada 8 Juli pada K-League yang mulai bergulir pekan depan.

    Tiga pemain Jeonbuk Hyundai Motors, Lee Jae-sung, Lee Yong, dan Kim Shin-wook, juga kembali gabung untuk bersiap menjamu Incheon United.

    Kapten tim, Ki Sueng-yueng, dikabarkan masih mencari klub baru pada bursa transfer musim panas ini setelah meninggalkan Swansea, yang terdegradasi dari Premier League pada akhir musim lalu.

    Kemudian tiga pemain yang berkiprah di J-League, yakni Jung Woo-young, Kim Seung-gyu, dan Jang Hyun-soo, begitu juga pemain Guangzhou Evergrande, Kim Young-gwon, akan kembali ke klub asal untuk bersiap tampil di liga domestik Jepang dan China pada medio Juli 2018.

    Namun, hal berbeda kemungkinan dialami tiga pemain Timnas Korea Selatan jebolan Piala Dunia 2018. Tiga pemain itu adalah Son Heung-min, Hwang Hee-chan, dan Lee Seung-woo. Selepas ini mereka bisa jadi diberi waktu istirahat dan selanjutnya kembali masuk pemusatan latihan.

    Kali ini, tiga pemain itu akan membela Timnas Korea Selatan U-23 di ajang Asian Games 2018. Skuat Taeguk Warriors datang ke Indonesia dengan status juara bertahan alias pemegang medali emas pada Asian Games edisi 2014 di Incheon.

    2 dari 2 halaman

    Izin Klub

    Son disebut-sebut jadi satu di antara kandidat pemain wild card di tim sepak bola Asian Games 2018, lantaran ia belum menjalani wajib militer. Seperti diketahui, Son bisa terbebas dari kewajiban bagi setiap pria di Korsel itu, jika mampu ikut mempersembahkan medali emas pada Asian Games kali ini.

    Hal itu jadi pertimbangan Son lantaran dengan keistimewaan itu, ia bisa melanjutkan kariernya di pentas sepak bola profesional tanpa "gangguan" kewajiban militer yang bisa berlangsung selama dua tahun.

    Pemain lain dari Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 yang diprediksi gabung timnas U-23 di Asian Games 2018 adalah Hwang Hee-chan dan Lee Seung-woo.

    Aksi pemain Korea Selatan, Son Heung-min melewati adangan dua pemain Swedia pada laga grup E Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod stadium, Nizhny Novgorod, Rusia, (18/6/2018). Swedia menang 1-0. (AP/Michael Sohn)

    Lee Seung-woo, 20 tahun, musim lalu gabung klub Serie A, Hellas Verona. Namun, pada bursa transfer musim panas ini ia dikabarkan akan mencari klub anyar menyusul klub yang dibelanya itu bermain di Serie B setelah terdegradasi pada akhir musim 2017-2018.

    Piala Dunia 2018 merupakan pengalaman pertama Lee tampil di Piala Dunia. Ia kerap dimainkan di posisi striker atau penyerang sayap.

    Sementara Hwang Hee-chan tercatat bermain di klub Austria, Red Bull Salzburg. Sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, penyerang 22 tahun itu dirumorkan bakal hijrah ke klub EPL dan Bundesliga.

    Di sisi lain, pemain-pemain kelas dunia itu diperkirakan membutuhkan izin untuk membela Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2018 karena pesta olahraga Asia empat tahun sekali ini di luar kalender FIFA sehingga klub tidak memiliki keharusan melepas sang pemain untuk membela tim negara asal.

    Timnas Korea Selatan U-23 belum lama ini menggelar pemusatan latihan di Jakarta untuk aklimatisasi dan menggelar uji coba melawan Persija serta Timnas Indonesia U-23. Hasilnya, skuat asuhan pelatih Kim Hak-bum ini menang 3-1 atas Persija dan unggul 2-1 atas Tim Garuda Muda.

    Sumber: Yonhap

    Video Populer

    Foto Populer