Sukses


    Kiper Bergaya K-Pop Pencetak Sensasi Korsel Tampil di Asian Games 2018?

    Bola.com, Jakarta - Persaingan di cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2018 sudah di depan mata. Cabor paling favorit ini digelar mulai 14 Agustus-1 September 2018 di Indonesia. Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) membebani Timnas Korea Selatan U-23 dengan target medali emas.

    Ha itu berarti tim asuhan pelatih Kim Hak-bum itu ditarget mempertahankan gelar juara yang diraih empat tahun silam, pada Asian Games 2014 di Incheon.

    Prestasi itu dianggap bisa mengobati kekecewaan pasca kegagalan di timnas senior Korsel di Piala Dunia 2018. Meski mampu menaklukkan sang juara bertahan, Jerman, tetap saja kekecewaan dirasakan lantaran Ki Sung-yueng dkk. tersingkir dini.

    Yonhap menulis, sejauh ini Kim Hak-bum belum menetapkan skuat inti untuk diboyong ke Indonesia. Namun, Son Heung-min semakin santer dikabarkan bakal jadi satu di antara pemain dengan status wild card (di atas usia 23 tahun).

    Selama ini Kim sudah berulang kali mengirim sinyal bakal memanggil Son ke tim asuhannya. Namun, ia melalui KFA harus terlebih dulu meminta izin dari klub Son, Tottenham Hotspur, karena sepak bola Asian Games tak masuk kalender FIFA.

    Menariknya, situs sama juga menulis kemungkinan kiper yang mencuri perhatian saat Korsel mengalahkan Jerman 2-0 pada penyisihan Grup F Piala Dunia (27/6/2018), Cho Hyun-woo, bisa ikut turun di Asian Games 2018 bersama Son.

    Cho, kiper dengan potongan member boyband K-Pop, ketenarannya melejit tak lama setelah menunjukkan penampilan gemilang pada laga melawan Der Panzer. 

    Sama seperti Son, kiper 26 tahun milik Daegu FC itu, juga terlebih dulu harus mendapatkan izin dari klubnya sebelum bisa gabung.

    Keduanya bisa menerima tawaran Kim gabung Timnas Korea Selatan U-23 dengan alasan sama: menghindari wajib militer (wamil). Maklum, baik Son maupun Cho sama-sama belum menjalani wamil.

    2 dari 2 halaman

    4 Jebolan Piala Dunia 2018

    Prestasi jadi juara alias merebut medali emas, bisa jadi jalan keluar bagi keduanya terbebas dari keharusan wamil yang kerap dianggap sebagai penghalang karier seorang pesepak bola. 

    Jika mampu meraih emas, alih-alih menjalani wamil setidaknya selama dua tahun, Son dan Cho hanya akan menjalani latihan dasar kemiliteran selama empat pekan saja.

    Timnas Korea Selatan termasuk Son Heung-min, Ki Sueng-yueng, dan Cho Hyun-woo seusai laga melawan Meksiko (23/6/2018) di Piala Dunia 2018.  (AFP/Khaled Desouki)

    Selama ini pelatih Hak Kim-bum punya dua kiper andalan di Timnas Korea Selatan U-23, yakni Song Bum-kun (Jeonbuk Hyundai Motors) dan Kang Hyun-moo (Pohang Steelers). Keduanya berstatus kiper utama di klub masing-masing

    Jebolan Piala Dunia 2018 lain yang kemungkinan ikut masuk 20 pemain inti di Asian Games 2018 adalah Hwang Hee-cha dan Lee Seung-woo. Namun, beda dari Son dan Cho, Hwang serta Lee gabung tidak dengan status wild card lantaran usia keduanya masih di bawah 23 tahun.

    Hwang, pemain Red Bull Salzburg berusia 22 tahun sedangkan Lee, pemain Hellas Verona, masih berusia 20 tahun.

    Hanya, sejauh ini Kim Hak-bum belum menetapkan skuat inti. Pelatih 58 tahun ini memboyong sebanyak 25 pemain dalam TC di Jakarta pada 12-24 Juni 2018. 

    Kim Hak-bum diperkirakan akan merilis skuat inti Timnas Korea Selatan U-23 beberapa waktu mendatang pada Juli ini mengingat sepak bola Asian Games 2018 dimulai pada 14 Agustus atau empat hari sebelum upacara pembukaan pada 18 Agustus 2018.

    Sumber: Yonhap

    Video Populer

    Foto Populer