Sukses


    Menlu Retno Marsudi Jadi Pelari Pertama Kirab Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

    Bola.com, Yogyakarta - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. menjadi pelari pertama yang membawa api obor Asian Games 2018 dalam acara Torch Relay di Yogyakarta, Kamis (19/7/2018). 

    Seremoni pelepasan kirab obor dilakukan di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Kamis (19/7/2018), pada pukul 07.00 WIB. Selain Retno Marsudi, seremoni tersebut dihadiri Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X, Ketua INASGOC Erick Thohir, serta beberapa pejabat setempat. 

    Api obor diserahkan oleh Gubernur DIY kepada Retno Marsudi. Selanjutnya, Retno berlari membawa api obor Asian Games tersebut sejauh 100 meter. 

    Setelah itu, Menlu Retno menyerahkan api tersebut kepada Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri, serta pelari-pelari selanjutnya. Salah satu pelari yang juga berpartisipasi dalam kirab obor di Yogyakarta ini adalah mantan pebulutangkis andalan Indonesia, Sigit Budiarto. 

    Kirab obor Asian Games 2018 pada Kamis pagi dimulai dari Pagelaran Keraton Yogyakarta, selanjutnya menuju Titik Nol Kilometer, mengarah ke RS PKU Muhammadiyah. Kirab kemudian mengarah ke Jalan Bhayangkara-Teteg-Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan-Pojok Benteng Kulon-Ngabean-Ngampilan-Pingit-Tugu Yogyakarta. 

    Total jarak Kirab Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta sejauh 11,5 kilometer. 

     

     

    2 dari 2 halaman

    Dukungan Siswa dan Masyarakat

    Masyarakat dan anak-anak sekolah turut memeriahkan kirab obor di Yogyakarta tersebut. Ribuan siswa yang bercampur dengan masyarakat umum berjajar di Alun-Alun Utara Yogyakarta, serta sepanjang jalan Malioboro. Mereka membawa bendera merah putih berukuran kecil untuk memberi semangat kepada rombongan kirab. 

    "Kami memang ada instruksi untuk sekolah-sekolah di sekitar keraton, untuk ikut memeriahkan pawai obor Asian Games ini. Anak-anak juga sudah diperkenalkan tentang Asian Games," kata Guru SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta, Nunung Haryati. 

    Salah seorang siswa dari SD Keraton Yogyakarta, Dipta, juga mengaku senang bisa ikut memeriahkan kirab obor Asian Games tersebut. 

    "Kami diberi tahu kalau Asian Games itu turnamen olahraga antar negara-negara Asia," kata Dipta. 

    Setelah dari Yogyakarta, kirab obor Asian Games akan berlanjut ke Solo, Jawa Tengah. Total ada 45 kota/kabupaten yang dilewati kirab Obor Asian Games, dengan titik finis di Monumen Nasional, Jakarta, pada 17 Agustus 2018. 

     

    Video Populer

    Foto Populer