Sukses


    Makassar Siap Sukseskan Kirab Obor Asian Games 2018

    Bola.com, Makassar - Makassar termasuk lokasi penyelenggara pawai obor Asian Games 2018. Pemerintah dan masyarakat Kota Makassar pun siap menyukseskan agenda yang pertama kali terselenggara di Kota Daeng.

    "Kami sangat antusias menyambut pawai obor di Makassar. Apalagi, setelah 56 tahun Indonesia kembali jadi tuan rumah Asian Games," ujar Achmad Hendra Hakamuddin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Makassar pada jumpa media, Jumat (20/7/2018).

    Menurut Hendra, Api Obor Asian Games 2018 yang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin pada Sabtu (28/7/2018) terlebih dahulu ke Tanjung Bira, sebuah kawasan wisata pantai di Kabupaten Bulukumba.

    "Setelah bermalam di Tanjung Bira, Api Obor Asian Games 2016 ke Makassar," terang Hendra.

    Berbagai acara sudah disiapkan selama Api Obor berada di Makassar. "Makassar dikenal sebagai kota wisata pantai. Jadi, prosesi pawai obor Asian Games 2018 diawali dengan upacara adat Makassar di dermaga Lantamal dan anjungan Pantai Losari," kata Hendra.

    Makassar bersiap menyambut kirab obor Asian Games 2018. (Bola.com/Abdi Satria)

    Selanjutnya, Api Obor akan diarak menyusuri sejumlah jalan utama Kota Makassar. Ada 10 mantan atlet berprestasi Sulawesi Selatan yang mendapat kehormatan mengawal Api Obor ini. Mereka adalah Malik Faisal (layar), Kusumawardani, Suherman (Panahan) Andi Pallawarukka (Sepaktakraw), Hendro Salim, ARif Taufan (Karate), Haerullah dan Isnawati Idar (Anggar).

    "Arak-arakan Api Obor berhenti sejenak di Lapangan Hasanuddin. Selanjutnya, Api Obor akan dibawa berlari oleh Walikota Makassar, Danny Pomanto menuju rumah jabatan Gubernur. Di sana Api Obor akan diterima Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono. Api Obor akan diinapkan semalam di rumah jabatan Gubernur," papar Hendra.

    Sementara itu, Asisten Potensi Maritim Lantamal VI, Suratin mengungkapkan TNI AL siap bekerja keras dan mengerahkan seluruh kemampuan personilnya untuk menyukseskan pawai obor Asian Games 2018.

    "Selain KRI Dewaruci, TNI AL juga mengerahkan armada laut untuk mengawal Api Obor, khususnya pada proses acara di laut," tegas Kolonel Suratin.

    Awi Zahab, perwakilan INASGOC di Makassar menambahkan, pawai obor Asian Games juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata daerah di Indonesia. Itulah mengapa Tanjung Bira jadi pendamping Makassar sebagai lokasi penyelenggara di Sulsel.

    "Tanjung Bira dikenal memiliki potensi wisata laut yang tidak kalah dari Bali. Di sana juga dikenal sebagai daerah tempat pembuatan Kapal Phinisi yang melegenda," kata Awi.

    Video Populer

    Foto Populer