Sukses


    Mencoba Kenyamanan Shuttle Bus Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) memberikan pelayanan terbaik untuk para pengunjung, media, dan ofisial di Asian Games 2018. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan adalah penyediaan moda transportasi berupa shuttle bus.

    Terdapat dua jenis moda transportasi yang disediakan INASGOC yakni Royal Trans yang memiliki ciri khas warna ungu dan Metro Trans yang berwarna oranye.

    Royal Trans diperuntukkan membawa penonton dan media ke venue-venue pertandingan di sekitaran kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

    Untuk menggunakan transportasi ini, Anda cukup mendatangi shelter Royal Trans yang berada di tujuh titik venue yakni Jakarta Convention Center, Istora Senayan, Aquatic Center, Hall Basket, Venue Voli, Panahan, dan Lapangan ABC.

    Kesan nyaman langsung terasa ketika menaiki Royal Trans. Bus dengan jenis Mercedes Benz OF 917 dan dilengkapi port USB untuk mengisi gawai, rak tas, TV LCD, akses Wifi, kursi yang menghadap searah, dan juga CCTV.

    Namun, karena bentuknya kecil bus ini tidak dapat memuat banyak penumpang. Kondisi penuh sering terjadi ketika bus hendak mengantarkan ke venue pertandingan. Bola.com berkesempatan mencoba bus Trans Royal pada Kamis (16/8/2018).

    Ketika naik dari shelter di sekitar JCC, waktu yang dibutuhkan untuk menunggu datangnya bus mencapai 30 menit. Volunteer Divisi Transportasi, Nabil Fairuzzabadi, menyebut lamanya waktu tunggu dikarenakan belum semua bus beroperasi.

    INASGOC menyediakan 10 bus pengumpan yang akan berkeliling kawasan Gelora Bung Karno selama Asian Games 2018 (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

    "Ya, sekarang ini baru lima bus yang beroperasi. Nanti, setelah upacara pembukaan akan ditambah lagi jumlah armadanya," kata Nabil.

    Untuk mengelilingi semua shelter, bus ini membutuhkan waktu lebih dari 30 menit. Jadi, buat masyarakat yang dalam kondisi terburu-buru disarankan tak menggunakan layanan bus Trans Royal dan lebih baik berjalan kaki.

    Sementara itu, layanan bus kedua bernama Metro Trans. Bus ini dikhususkan untuk mengangkut para atlet dan ofisial dari Kampung Atlet menuju venue-venue pertandingan di sekitaran GBK.

    Bus Metro Trans (Low-Deck) menggunakan jenis mesin Mercedes Benz O500U 1726. Bus ini lebih panjang dari Royal Trans dan tentunya lebih nyaman.

    "Kalau yang Metro Trans itu khusus atlet. Nantinya akan membawa para atlet dari Kampung Atlet menuju venue-venue pertandingan selama Asian Games 2018. Media juga diperbolehkan naik kalau ingin melakukan peliputan ke arah sana," ucap Nabil.

    Video Populer

    Foto Populer