Sukses


    Asian Games: Sumbang Emas Pertama Indonesia, Defia Banjir Air Mata

    Bola.com, Jakarta - Tinta emas ditorehkan atlet taekwondo Indonesia di nomor poomsae individu putri Asian Games 2018, Defia Rosmaniar. Ia sukses meraih medali emas dalam ajang yang dihelat di Plennary Hall JCC Senayan, Minggu (19/8/2018).

    Defia mampu memenuhi ekspektasi tinggi pemerintah untuk cabor taekwondo nomor poomsae Asian Games 2018. Pasalnya, ini adalah nomor yang diharapkan bisa jadi lumbung medali bagi para taekwondoin Merah Putih.

    Sayangnya, beberapa wakil Indonesia harus berguguran di perempat final. Wakil Indonesia yang lebih dulu gugur adalah Muhammad Wahyu Abdurrahman. Lalu diikuti beregu putra (Abdul Rahman Darwin, Anwar Akhmad, dan Maulana Haidir) dan beregu putri (Ruhil, Rachmania Gunawan Putri, dan Mutiara Habiba).

    Untungnya, Defia mampu melewati berbagai rintangan hingga mampu bertahan ke final. Sebelumnya, ia mengalahkan wakil Vietnam Tuyet Van Chau 8,460-8,330 di perempat final dan Yun Jihye (Korea Selatan) 8,520-8,400 di semifinal.

    (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

    Pada laga puncak melawan wakil Iran, Marjan Salahshouri, Defia sukses mengukir kemenangan telak. Meski sempat melakukan kesalahan saat bertumpu, ia bisa mengakhiri duel dengan keunggulan 8,690-8,470 atas Salahshouri.

    Momen ini jelas sangat spesial. Pasalnya, ini adalah emas pertama Indonesia di ajang Asian Games 2018.

    * Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

    2 dari 2 halaman

    Disaksikan Jokowi

    (Liputan6.com / Helmi Fithriansyah)

    Dan sukses ini diraih Defia saat Presiden RI Joko Widodo hadir untuk memberikan dukungan. Turut hadir Menpora Imam Nahrawi dan CdM Syafruddin.

    Jokowi melalui Paspampres pun sempat memanggilnya ke area VIP untuk memberikan ucapan selamat secara langsung. Setelah itu, ia langsung menghampiri awak media yang telah mendukungnya.

    Jawabannya pun terbata-bata karena ia tak kusa menahan rasa haru dan bangganya. Jokowi pula yang mengalungkan medali emas Asian Games 2018 kepada Defia.

    "Bangga sekaligus senang. Terima kasih kepada semuanya," kata pertama yang diucapkan Defia kepada media.

    (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

     

    Sumber: Liputan6.com

    Video Populer

    Foto Populer