Sukses


    Vinesh Phogat, Emas Pertama Gulat Putri, dan Film Bollywood Dangal

    Bola.com, Jakarta - Sejarah baru ditorehkan Vinesh Phogat pada cabor olahraga gulat Asian Games 2018, Senin (20/8/2018). Phogat menjadi perempuan pertama asal India yang berhasil menyabet medali emas sepanjang sejarah Asian Games. 

    Medali emas masuk genggaman Phogat setelah mengalahkan pegulat Jepang, Yuki Irie, dengan nilai 6-2, pada kelas 50 kg putri.   

    Kisah Phogat lalu menjadi viral di media sosial, terutama Twitter. Ucapan selamat membanjiri atlet putri berusia 32 tahun tersebut. India dilanda euforia. 

    Bahasan di dunia maya semakin hangat setelah diketahui latar belakang keluarga Phogat. Dia ternyata merupakan sepupu dari Geet dan Babitaa Phogat. Dua bersaudara tersebut menjadi populer di India setelah kisah mereka sebagai pegulat diangkat ke layar lebar di Bollywood. Film yang kemudian menjadi box office tersebut disutradari Aamir Khan, dengan judul "Dangal". 

    "Saya memang menargetkan emas. Saya sebelumnya sudah punya empat medali perak di level Asia. Tubuh saya merespons dengan baik, saya berlatih dengan baik, dan Tuhan begitu baik," kata Phogat, seperti dilansir Sport NTDV

    "Saya kasih, tangguh, dan pengambil risiko. Saya mengambil risiko-risiko dalam itu dan itu terbanyak. Saya punya kepercayaan diri besar, tak ada yang tak bisa saya lalukan," sambung dia. 

    Empat tahun lalu Phogat hanya meraih medali perak pada Asian Games di Incheon. Dua tahun berselang, dia gagal bersinar di Olimpiade Rio de Janeiro karena cedera. Namun, kerja keras Phogat akhirnya terbayar di Jakarta. 

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 2 halaman

    Saran Sang Idola

    Vinesh Phogat awalnya berlatih di bawah instruksi sang paman, Mahavir Singh Phogat. Pamannya itu adalah ayah dari Geeta dan Babita. Tapi, bukan mereka yang jadi idola Vinesh Phogat. Sang pegulat mengaku mengidolakan peraih dua emas Olimpiade asal India, Sushil Kumar. 

    "Saya selalu mendengarkannya. Apa pun sarannya, selalu saya perhatikan," kata dia. 

    "Pada 2014 ketika saya meraih medali perunggu di Incheon dia bilang 'jangan khawatir, apa pun yang terjadi, pasti karena alasan yang bagus. Mungkin kamu punya sesuatu yang lebih besar pada masa mendatang'. Itulah yang dia katakan," ujar Vinesh Phogat.   

    Nasihat Sushil Kumar ternyata terbukti. Empat tahun berselang, Vinesh Phogat berhasil mengukir sejarah baru di Asian Games 2018. Dia kini menjadi pegulat putri pertama yang meraih medali emas di kancah Asian Games. 

    Video Populer

    Foto Populer