Sukses


    Ukir 2 Rekor Baru, Timnas Vietnam U-23 Mulai Berani Memimpikan Medali Emas Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam U-23 mulai berani bermimpi meraih medali emas dari cabor sepak bola putra Asian Games 2018. Hal ini setelah the Golden Stars mampu mencatatkan dua rekor baru di Asian Games dalam kurun waktu empat hari.

    Rekor pertama tercipta saat Timnas Vietnam U-23 mampu melangkah ke perempat final Asian Games 2018. Keberadaan Vietnam di delapan besar Asian Games jadi yang pertama sejak 1978, saat Vietnam tak lagi tampil di Asian Games menggunakan nama Vietnam Selatan (1951-1974).

    Seusai menumbangkan Bahrain di 16 besar lewat gol tunggal Nguyen Chong Puong menit ke-88, Kamis (23/8/2018), jalanan di kota-kota besar di Vietnam seperti Hanoi dan Ho Chi Minh dipenuhi suporter yang pawai sambil mengibarkan bendera serta membunyikan klakson.

    Suporter larut dalam sukacita, karena mereka menggelar nobar alias nonton bareng di berbagai sudut kota.

    Pawai dalam jumlah lebih besar terjadi setelah tim kesayangan menaklukkan Suriah di perempat final (27/8/2018). Lagi-lagi, Vietnam menang dengan cara yang terbilang dramatis.

    Satu gol tunggal kemenangan di perempat final hadir pada menit ke-108 lewat sontekan Nguyen Van Toan. Vietnam pun lolos ke semifinal. Ini adalah rekor kedua Timnas Vietnam U-23 yang ditorehkan di Asian Games 2018.

    Di semifinal, Rabu (29/8/2018), Vietnam akan bersua lawan tangguh sekaligus juara bertahan, Korea Selatan, yang dihuni empat pemain jebolan Piala Dunia 2018.

    Alih-alih jeri, skuat Vietnam justru berani memasang target baru di Asian Games 2018: final dan meraih medali emas.

    "Kami sekarang ada di semifinal, yang berarti kami merupakan satu di antara tim kuat di Asia. Jadi, tak ada yang perlu ditakutkan," kata Nguyen Van Toan, pencetak gol kemenangan Vietnam di perempat final dikutip dari Vietnam Express.

    "Juga, dengan pemain yang ada sekarang, Vietnam mampu tampil di final Piala AFC U-23 2018. Jadi, tak ada alasan bagi kami untuk tak melangkah lebih jauh di turnamen ini, terutama di saat seluruh pemain punya kepercayaan diri masing-masing dan terhadap tim," imbuhnya.

    Di Asian Games 2018, Timnas Vietnam U-23 mayoritas diperkuat generasi emas yang jadi finalis Piala AFC U-23 2018, Januari lalu.

    Dari 20 orang kuota pemain di Asian Games 2018, 12 di antaranya merupakan pemain yang mengecap kesuksesan di Piala AFC U-23 2018. Ada Luong Xuang Truong, Vu Vanh Tanh, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Van Hoang, dan sebagainya. Sisanya, beberapa pemain di luar itu plus tiga pemain senior (wild card).

    Video Populer

    Foto Populer