Sukses


Rio Haryanto Sudah Tanda Tangani Kontrak dengan Tim F1 Manor

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, sudah menandatangani kontrak yang disodorkan tim Formula 1, Manor Marussia, Senin (14/12/2015). Namun, kepastian Rio tampil di arena F1 masih menunggu hasil verifikasi dari Federation Internationale de l'Automobile (FIA).

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengatakan kontrak yang sudah ditandatangani sang putra telah dikirimkan ke pihak Manor, Senin pagi.

“Ya, Rio sudah menandatangani kontrak dari Manor. Tadi dikirimkan ke London, Inggris (markas Manor) melalui kurir. Naik pesawat terbang,” kata Indah, ketika dihubungi bola.com.

Indah menambahkan kontrak tersebut telah diterima pihak Manor. “Manor sudah merespons, katanya kontrak sudah diterima mereka. Tapi baru sebatas itu responsnya,” imbuh istri Sinyo Haryanto itu.

Meski kontrak dari Manor sudah ditandatangani, Indah menegaskan proses belum selesai. Kepastian bisa atau tidaknya Rio tampil di Formula 1, masih menunggu proses verifikasi di FIA.

Menurut informasi yang dia terima, jawaban pasti tentang nasib Rio Haryanto kemungkinan baru diterima dua pekan lagi. “Jadi setelah Manor menerima kontrak yang ditandatangani Rio, mereka mengirimkan berkasnya ke FIA. Nah, nanti FIA yang berhak memutuskan Rio bisa tampil di Formula 1 atau tidak. Posisi kami sekarang hanya bisa menunggu,” beber Indah.

Dengan perkembangan ini, pebalap asal Solo tersebut semakin dekat dengan impiannya tampil di ajang F1. Jika FIA memutuskan Rio bisa berlaga di arena F1, ini bakal menjadi sejarah besar bagi Indonesia. Pengidola Ayrton Senna tersebut tinggal setengah langkah lagi menjadi pebalap Indonesia pertama yang tampil di ajang F1.

Seperti diketahui, jalan Rio menuju pentas F1 terbuka lebar setelah pemerintah Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga memberikan jaminan terkait pendanaan.

Menpora menjamin bakal mencarikan dana senilai 10 juta euro atau sekitar Rp 155 miliar untuk menggenapi dana yang harus diserahkan kepada Manor. Dari total dana 15 juta euro yang harus diserahkan ke Manor, Rio baru mengantongi sepertiganya yang berasal dari Pertamina.

Video Populer

Foto Populer